TEKNOLOGI GAME
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan
Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan
sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup
manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda
maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan
pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi
antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti
proses baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang
diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari game.
Teknologi Game pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas
tahun 1952 di Universty of Cambridge yaitu OXO untuk mendemonstrasikan tesisnya
mengenai interaksi antara komputer dan manusia.
Kemudian Douglas berkreasi lagi dengan menciptakan game
versi Tic-Tac-Toe yang diprogram pada
komputer EDSAC vaccum-tube yang
memiliki layar CRT (Cathode Ray Tube).
UNITY 3D
APA ITU UNITY 3D
Aplikasi
unity 3D adalah game engine merupakan sebuah software pengolah gambar, grafik,
suara, input, dan lain-lain yang ditujukan untuk membuat suatu game, meskipun
tidak selamanya harus untuk game. Contohnya adalah seperti materi pembelajaran
untuk simulasi membuat SIM. Kelebihan dari game engine ini adalah bisa membuat
game berbasis 3D maupun 2D, dan sangat mudah digunakan.
Unity
merupakan game engine yang ber-multiplatform. Unity mampu di publish menjadi
Standalone (.exe), berbasis web, berbasis web, Android, IoS Iphone, XBOX,
dan PS3. Walau bisa dipublish ke berbagai platform, Unity perlu lisensi untuk
dapat dipublish ke platform tertentu. Tetapi Unity menyediakan untuk free user
dan bisa di publish dalam bentuk Standalone (.exe) dan web. Untuk saat ini
Unity sedang di kembangkan berbasis AR (Augment Reality).
Untuk
mengaktifkan lisensi, Unity perlu adanya lisensi. Sebagai contoh ketika ingin
mengaktifkan free user, langkah pertama adalah mendownload softwarenya secara
gratis pada web http://unity3d.com/. Setelah selasai instalasi, maka Unity
meminta untuk terhubung dengan internet untuk aktifasinya. Lalu selesai unity
akan automatis run ke program. Untuk langkah selanjutnya Unity tidak perlu lagi
memerlukan koneksi internet saat menjalankan aplikasinya.
Unity
bukan software game engine baru, sehingga banyak tutorial yang tersebar luas,
bahkan banyak game dan tutorial untuk Unity yang telah beredar. Unity cepat
berkembang dikarenakan bisa free user dan banyak di implementasikan ke berbagai
platform disamping banyaknya tutorial yang bisa dengan mudah dicari.
Dengan
Uity3D kita dapat membuat game 3D, FPS dan 2d game bahkan Game Online,
fitur" lain tentang Unity berikut selengkapnya :
1.
Membuat Game 2D / 3D
2.
Membuat Game FPS
3.
Membuat Game Online.
4.
Dukungan Konversi : Mobile Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash,
Webplayer
5.
Online Publish Google Play, Android market (kita bisa jual tuh game :v :v)
6.
Dukungan kode : C#, Javascript dan Boo
7.
Dukungan Extensi file, 3ds, obj, fbx
FITUR UNTI 3D
Rendering
Graphics
engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac,
Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada
pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen
space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps,
render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]
Unity
dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo,
ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and
Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan
diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab
adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif
“programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam
GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah
spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi
berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel,
maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan
fitur dan performa.
Pada
3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan
developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan
juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan
resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari
grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat
FPS.
Scripting
Script
game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET
Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang
terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo
(terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya
versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug
script.
Asset
Tracking
Unity
juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper
game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend,
sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar
Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine
daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling
dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast,
multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur
built-in.
Platforms
Unity
support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki
kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console.
Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di
setiap platform yang didukung.
Asset
Store
Diluncurkan
November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity
editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages,
beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek
suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis
online.
Physics
Unity
juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari
Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time
cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.
DESIGN SEKENARIO & SCRIPT
Apa itu desain Skenario ?
Desain biasa di terjemahkan sebagai seni terapan,
arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainya. Skenario adalah urutan
cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa sesuai dengan yang
diinginkan. Skenario game sendiri artinya langkah awal dalam membuat sebuah
game, dengan skenario game dapat mempermudah kita myelesaikan game yang akan
kita buat.
Apa itu Script ?
Naskah
atau script dalam pemrograman komputer adalah sebuah program atau intruksi yang
ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prosesor.
Script adalag semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih
rendah, tanpa aplikasi kompilasi interpreter, skrip biasanya disisipkan ke
dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil digunakan oleh bahasa
pemrograman yang lebih kompleks itu. Skrip merupakan kumpulan sintaks
pemrograman yang siap untuk di-compile. Macam - macam skrip : PHP, ASP, Java
Script, Java Apples, VB Script.
Artificial Intelligence pada Game
Apa itu Artificial Intellegence
“Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)
merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan
pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia
adalah– cerdas”
– H. A. Simon (1987)
– H. A. Simon (1987)
“Kecerdasan
Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan
hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”
– Rich and Knight (1991)
– Rich and Knight (1991)
Dari
beberapa definisi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa AI (Artificial
Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer atau
mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sederhananya gini sebuah
instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun mesin.
Kegunaan AI Pada Game Modern
Kecerdasan buatan pada game atau
algoritma heuristic digunakan di banyak bentuk dan area pada sebuah game.
Contoh yang sangat jelas adalah dalam mengontrol dari NPC pada game, walaupun
penggunaan script/kode saat ini merupakan pengontrol yang umum. Pencarian jalur
merupakan contoh lain kecerdasan buatan yang umum digunakan, dan secara
luas dapat dilihat pada game real-time strategy. Pencarian jalur merupakan
metode untuk menentukan lewat manakah NPC untuk ke tempat tujuan, atau
menghindari halangan – halangan, dan bentuk – bentuk daratan. Diatas pencarian
jalur terdapat navigasi, yang merupakan sub bagian dari kecerdasan buatan pada
game yang berfokus pada memberikan NPC kemampuan untuk menavigasi di lingkungan
mereka, menemukan jalur untuk sebuah tujuan dengan menghindari tabrakan dengan
entitas lainnya ( NPC lainnya, player, dsb) atau berkolaboriasi dengan mereka (
group navigation).
Penggunaan kecerdasan buatan pada
game diluar NPC
Georgios N. Yannakakis menyarankan
bahwa akademi pengembangan kecerdasan buatan dapat memainkan sebuah peran di
dalam game dengan kecerdasan buatan melebihi dari paradigma kecerdasan buatan
hanyalah pengontrol perilaku NPC. Dia menegaskan empat potensi lainnya untuk
diaplikasikan dalam area:
1.
Player-experience modelling:
memahami kemampuan dan kondisi emosional pemain, agar menyesuaikan game dengan
benar. Hal ini dapat termasuk penyeimbangan tingkat kesulitan game secara
dinamis, yang terdiri dari penyesuaian tingkat kesulitan dari game tersebut
secara langsung sesuai dengan kemampuan pemain.
2.
Procedural-content generation:
membuat elemen dari sebuah lingkungan game seperti kondisi lingkungan,
tingkatan, dan bahkan music dengan secara otomatis. Metode kecerdasan buatan
dapat menghasilkan konten baru atau cerita yang interaktif.
3.
Data mining on user behavior: hal
ini mengizinkan desainer game untuk mengeksplor bagaimana manusia memainkan
permainannya, bagian mana yang paling sering dimainkan, dan apa yang
menyebabkan mereka untuk berhenti bermain, mengizinkan developer untuk
mengembangkan game tersebut.
4.
Alternate approaches to NPCs: hal
ini termasuk berubahnya tampilan game untuk menambah kepercayaan NPC dan
mengeksplor ke lingkungan social daripada hanya menjadi NPC atau hanya memiliki
perilaku NPC.
DAFTAR PUSTAKA:
Suyanto. 2014. Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Bandung: Informatika Bandung.
https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/ Diakses pada 15 Maret, Pukul 20.14
http://caraunity3d.blogspot.com/2017/04/pengertian-dan-fungsi-unity-3d.html Diakses pada 15 Maret, Pukul 21.49
http://saraahputi.blogspot.com/2017/03/skenario-desain.html Diakses pada 15 Maret, Pukul 21.19
https://rifqifai.com/mengenal-apa-itu-ai-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/ Diakses pada 17 Maret, Pukul 22.00
https://freemanof.wordpress.com/tugas/artificial-intelligence-pada-game/ Diakses pada 17 Maret, Pukul 22.11
Tidak ada komentar:
Posting Komentar