Kamis, 28 September 2017

Softskill - Animasi 2D dari masa ke masa

 Secara bahasa kata animasi berasal dari kata animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia inggris berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan,menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup.

Gambar diam / Frame
Animasi bergerak
  
Mengutip dari wikipedia.org Animasi adalah proses pembuatan ilusi gerak dan ilusi perubahan yang terjadi pada dalam waktu yang cepat dalam sebuah urutan gambar . Secara mudah kita bisa menyebut animasi sebagai sebuah kumpulan gambar yang secara terurut membuat sebuah ilusi yang membuat gambar tersebut terlihat bergerak.



SEJARAH AWAL ANIMASI

Contoh awal dari percobaan untuk menangkap phenomena gerak ada pada gambar-gambar yang ada pada gua lada jaman Paleolithic dimana hewan biasanya memiliki banyak kaki dimana itu merupakan sebuah percobaan untuk mengungkapkan sebuah permahaman tentang sebuah gerak pada jaman itu .

Sebuah mangkuk tembikar berumur 5200 tahun yang ditemukan di iran terdapat sebuah urutan gambar yang bila mangkuk itu diputar maka akan menimbulkan sebuah efek dimana gambar itu akan seperti bergerak .



Pada tahun 1868 Jhon Barnes Linnett mematenkan flip book pertama . flip book merupakan alat animasi yang biasa dipakai pada tahun tersebut , dimana flip book merupakan sekumpulan gambar yang di tumpuk menjadi satu dan akan menimbulkan sebuah ilusi animasi . Alat ini nantunya akan terus berkembang hingga nanti munculnya film bergerak dan cinematography pada tahun 1890an.

Flip Book
Pada perkembangannya animasi menyerap berbagai teknologi yang tumbuh pada setiap masanya , kini hampir seluruh pembuatan animasi menggunakan computer dalam produksinya baik dalam pembuatan maupun editing , namun teknik pembuatan animasi secara tradisional juga masih banyak digunakan dan setiap teknik pembuatan tersebut memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam segi kualitas ataupun dari segi artistiknya .

Kini berbagai animasi muncul dan berkembang pada era digital ini dan berbagai Negara membuat dan menggunakan animasi untuk berbagai macam hal baik sebagai hiburan , media iklan , media pendidikan atau bahkan media propaganda seperti yang dilakukan di amerika pada perang dunia kedua untuk menaikkan semangat juang dan rasa cinta tanah air para tentara amerika yang berjuang di medan perang.

ANIMASI DI AMERIKA & JEPANG

Animasi mulai berkembang di amerika sejak abad ke 18 di amerika . Pada saat itu teknik animasi stop motion sedang populer . Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam yand di rangkai menjadi sebuah gambar bergerak . Teknik ini cukup sulit karena membutuhkan banyak gambar untuk membuat satu gerakan dan biaya yang dibutuhkan juga banyak karena untuk melakukan 1 detik gerakan dibutuhkan 12-24 gambar , dan untuk melakukan 10 menit gerakan animasi membutuhkan 100 lebih gambar.

J. Stuart Blackton adalah salah satu orang amerika pertama yang menjadi pionir dalam penggunaan stop motion pada animasi di amerika . beberapa film yang pernah ia ciptakan antara lain The Enchanted Drawing(1900) dan Humorous Phase of Funny faces(1906) .

Walter Elias Disney
Namun salah satu tokoh yang membawa dampak besar pada animasi di amerika adalah Walter Elias Disney yang biasa dikenal sebagai Walt Disney . Karya-karya yang dihasilkannya seperti Mickey Mouse , Donal Duck , Pinokio dan lainnya sangat di cintai masyarakat amerika bahkan dunia hingga saat ini . Selain itu Walt Disney juga merupakan animator pertama yang menciptakan animasi bersuara dengan karyanya yaitu Film Mickey Mouse.



Hingga saat ini banyak film yang meledak dipasaran yang sudah diproduksi oleh Disney , dan Disney sudah menjadi ikon tak terlupakan dari animasi amerika hingga saat ini,

Selanjutnya perkembangan animasi bukan hanya terjadi di amerika , jepang juga merupakan salah satu Negara yang sangat pesat dalam perkembangan dan produksi animasi . Pada awal mulanya sejarah animasi di jepang di awali dengan eksperimen animasi yang dilakukan oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913.

Kemudian diikuti film pendek hanya berdurasi sekitar 5 menit karya Oten Shimokawa yang berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki tahun 1917. Pada saat itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi sepanjang 5 menit tersebut dan masih berupa “film bisu”.

Pada tahun 1927, Amerika Serikat lewat Disney telah berhasil membuat animasi dengan menggunakan suara yang pada saat itu hanya menggunakan musik sebagai latarnya.

Jepang kemudian mengikuti langkah itu dan anime pertama dengan menggunakan suara musik adalah Kujira pada tahun 1927 karya Noburo Ofuji. Sedangkan anime pertama yang “berbicara” adalah karya Ofuji yang berjudul Kuro Nyago pada tahun 1930 dan durasi 90 detik.

Mittsu no Hanashi (Tree Tales) – The Third Blood yang merupakan anime TV Special adalah pertama kalinya anime ditayangkan di televisi Jepang pada tahun 1960. Setelah itu dilanjutkan dengan penayangan serial anime TV produksi Otogi-Pro berjudul Instant Story pada tanggal 1 Mei 1961 di stasiun televisi Fuji [Fuji Terebi]. Walaupun hanya berdurasi 3 menit, serial ini cukup mendapat popularitas serta bertahan hingga tahun 1962.

Penayangan anime tersebut merupakan merupakan tanda bagi kelahiran anime TV Series produksi Jepang yang pertama. Meski demikian, Tetsuwan Atom adalah anime pertama yang ditayangkan secara rutin. Acara ini sangat terkenal bahkan sampai ke beberapa negara di luar Jepang (di Amerika Tetsuwan Atom dikenal sebagai Astro Boy).



Memasuki 1990-an, banyak bermunculan anime-anime yang menarik secara intelektual, seperti melalui serial tv yang dianggap provokatif : Neon Genesis Evangelion karya Hideaki Anno.
Pada tahun 1995, Ghost in the Shell dirilis dan disorot banyak kritik atas pendalaman filosofisnya yang berat dan visualnya yang merupakan perpaduan tekhnik animasi cel dengan komputer. Selain itu, Mononoke Hime karya Hayao Miyazaki berhasil membuat anime makin dikenal di pasar internasional.

Sejak era 90-an tersebut anime telah menyebar secara luas diluar Jepang. Memasuki abad 21, anime semakin membuktikan kualitasnya dengan diraihnya berbagai penghargaan internasional. Studio Ghibli dengan Hayao Miyazaki mulai mendomonasi. Spirited Away berhasil meraih Academy Award pada tahun 2001 untuk kategori Best animated Feature.





SUMBER DAN REFERENSI :
https://en.wikipedia.org/wiki/Animation
http://thedailyjapan.com/sejarah-perkembangan-anime-di-jepang/
https://uproar2.wordpress.com/2013/09/06/pengertian-dan-sejarah-perkembangan-animasi-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar