Sabtu, 14 Oktober 2017

Array Di Java

LISITING



LOGIKA
Pada program ini saya akan membuat program tentang baris dan kolom menggunakan array 2 dimensi , sebelum itu saya akan melakukan import pada beberapa util yang dibutuhkan saya hanya menuliskan import java.util.Scanner; dan import java.util.*; .



Penggunaan import java.util.*; dilakukan untuk melakukan import kepada semua library pada “util”, jika saya tidak menuliskan import java.util.Scanner; Scanner tetap dapat diimport karena dengan menggunakan tanda bintang (*) di belakang sebuah library berarti kita mengimport semua library tersebut pada kasus ini saya mengimport semua library di “java.util”.



Berikutnya di sini adalah pendeklarasian data array , saya menetapkan “array2d” adalah integer dan saya membuat array dengan data integer sebesar “100” di satu dimensi yang akan menjadi baris dan “100” di satu dimensi lainnya yang akan menjadi kolom.



Selanjutnya adalah menggunakan perulangan agar data pada array “array2d” dapat diisi dengan sebuah data, disini menggunakan perulangan for , saya mendeklarasikan bahwa a=0, ini yang akan menjadi data awal pada array “array2d” .
Pada perintah ,
for (b=1; b<=baris; b++){
for (c=1; c<=kolom; c++){
array2d[b][c] = a++;}
}
Di sini saya membuat “b” sebagai baris dan “c” sebagai kolom saya melakukan deklarasi “b<=baris” dan “c<=kolom” bila saat baris dan kolom di input maka jumlah baris dan kolomnya akan sesuai dengan hasil inputnya .
Berikutnya saya membuat intruksi “array2d[b][c] = a++;” bila kondisi pada for terpenuhi , maka jumlah “a” yang saya deklarasikan sebagai 0 akan bertambah nilainya .



Berikutnya adalah perulangan for untuk melakukan cetak bentuk baris dan kolom pada output perulangan yang digunakan sama dengan perulangan sebelumnya hanya saja disini instruksi yang dilakukan saat kondisi terpenuhi adalah melakukan print dari “array2d” dengan [b] dan [c] sebagai data anggota dari array “array2d.”


OUTPUT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar