Minggu, 08 Oktober 2017

Perulangan pada Java

LISTING


LOGIKA PROGRAM

Pada program ini saya akan melakukan perulangan pada java , dan program saya adalah dengan membentuk segitiga siku terbalik.




Untuk program ini ada 3 buah variable “angka” “a” dan “b” , variable “angka” sebagai nilai input  lalu variable “a” sebagai nilai bentuk dari “ ” (Spasi) dan variable “b” sebagai bentuk dari “*” (bintang) .

Pada perulangan for yang pertama , dengan kondisi (a=1; a<=angka; a++) jika memenuhi kondisi tersebut maka akan tercetak “ ” (Spasi) dan akan langsung masuk kedalam for yang kedua dimana terdapat kondisi (b=angka; b>=a; b--) jika kondisi tersebut terpenuhi maka akan tercetak perintah untuk memunculkan “*” (bintang) , dan perintah tersebut akan terus terulang hingga kondisinya tidak lagi terpenuhi .

Contoh jika saya menginput nilai 6 pada variable “angka” maka dengan kondisi (a=1; a<=angka; a++) akan terpenuhi karena a=1 dan 1<=6 , maka komputer akan mencetak “ ” (spasi) dan akan masuk ke for yang selanjutnya.

Pada for yang ke dua dengan kondisi (b=angka; b>=a; b--) dimana b=angka , berarti b=6 dan dengan kondisi b>=a , 6>=1 maka akan mencetak “*” (bintang) , dank arena tidak ada perintah lanjutan maka ia akan melakukan kondisi selanjutnya dimana “b—“ berarti b dikurangi 1 , maka 6-1 menjadi 5 karena b=5 masih memenuhi kondisi tersebut maka akan mencetak kembali “*”(bintang ) dan proses tersebut akan terus berulang hingga nilai b menjadi b=0 dimana itu tidak lagi memenuhi kondisi dari b>=a karena 0>=1 tidak benar , jadi perintah for akan terhenti dan kembali lagi ke for yang pertama .
Pada for yang pertama karena kondisi sebelumnya terpenuhi dan kondisi “a++” yang berarti a+1 di jalankan maka nilai “a” yang sebelumnya 1 menjadi a=2 dan itu masih memenuhi kondisi dari a<=angka dan akan kembali masuk ke dalam perulangan for yang kedua dan prosesnya akan berlangsung kembali seperti yang ada diatas hingga kondisi dari kedua for tersebut tidak lagi memenuhi dan akhirnya program akan terhenti .


Secara sederhana proses dari perulangan tersebut saya sajikan dalam bentuk table seperti berikut.




OUTPUT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar