Kamis, 05 Oktober 2017

Percabangan Java

LISTING

LOGIKA PROGRAM

Pada Program ini saya akan membuat program tentang percabangan , saya akan membuat berbentuk menu dengan percabangan switch case dan disetiap case akan saya berikan contoh program percabangan lain , yaitu percabangan if , if-else , if-else-if .

Untuk membuat menu saya menggunakan perintah System.out.println seperti pada baris 11 sampai 18 , perintah itu untuk memunculkan tulisan.

Berikutnya adalah perintah Scanner input = new Scannner(System.in); untuk membuat scanner yang digunakan untuk memasukan input , tapi sebelum itu kita perlu melakukan import dengan perintah import java.util.Scanner; perintah ini digunakan untuk mengimport java utility yang berupa scanner (untuk menginput).

Pada perintah Scanner input = new Scannner(System.in); kata input setelah Scanner bisa diganti dengan in , masukan atau apapun yang kita inginkan karena itu adalah semacam variable untuk pemanggilan scanner .

Berikutnya perintah cab = input.nextInt(); itu adalah untuk melakukan penginputan pada variable “cab” . “input” pada perintah tersebut adalah variable untuk memanggil scanner yang saya beritahu di awal , lalu “.nextInt()” adalah perintah untuk melakukan scanner pada inputan berupa tipe data integral.



Berikutnya adalah perintah switch(cab){ yang berarti saya akan melakukan percabangan switch-case pada variable “cab” .

Percabangan switch-case kita bisa membuat beberapa case yang dalam setiap case bisa berisi berbagai kondisi , pilihan , atau operasi sesuai yang dituliskan oleh programmer , pada program ini saya membuat 3 case yang berisi dengan percabangan if , if-else dan if-else-if , dan satu case dengan perintah untuk keluar dari program .

Pada case 1 : saya akan membuat percabangan if , saya mengetikan perintah System.out.println(“Apakah anda sudah praktikan”); untuk menampilkan kata , lalu perintah a = input.next() agar melakukan input pada variable “a” .
Lalu arti dari “input” pada perintah tersebut adalah variable untuk memanggil scanner yang saya beritahu di awal , lalu “.next()” adalah perintah untuk melakukan scanner pada inputan berupa tipe data dari variable “a”.
Berikutnya adalah perintah percabangan if , saya mengetikan 

If (a.equals("iya")||a.equals("Iya")||a.equals("IYA")){
System.out.println(“Super Sekali”)
}

Perintah tersebut berarti jika variable “a” ”equals”/sama dengan kata “iya” “Iya” ”IYA” maka akan memunculkan tulisan “Super Sekali” , karakter “||” tersebut digunakan untuk operator logika “or” yang berarti jika dipilih antara kondisi salah satu dari kondisi tersebut maka akan memenuhi syarat kondisi tersebut.
Lalu ditutup dengan break; yang berarti case 1 berhenti sampai situ saja .

Pada case 2 : saya membuat percabangan if-else , saya membuat perintah yang sama dengan case 1 hanya saja ditambahkan dengan perintah .

else {
System.out.println(“Anda bukan praktikan”)
}

Yang berarti jika kondisi dari if tidak terpenuhi maka akan melakukan dari hasil “else” yang berarti akan memunculkan kalimat “Anda bukan praktikan” .

Pada case 3: saya akan membuat percabangan if-else-if , percabangan if-else-if tidak berbeda dengan if-else hanya saja jika kondisi dari if pertama tidak bisa dipenuhi maka bisa di pergunakan if kedua , jika tidak bisa maka digunakan kondisi if ketiga dan seterusnya. jika dari semua kondisi yang disediakan tidak bisa memenuhi maka akan melakukan hasil dari else , seperti berikut .

System.out.println("Masukkan Nilai Anda");
b = input.nextInt();
if (b >= 60){
System.out.println("Selamat Anda Lulus!!");
}else if (b >=50){
System.out.println("Ayo Perbaiki!!");
}else {
System.out.println("Mohon mengikuti perbaikan");
}

Pada perintah tersebut saya menbuat jika , input dari variable “b” lebih dari atau sama dengan 60 maka akan muncul “Selamat Anda Lulus!!” , jika input variable “b” lebih dari atau sama dengan 50 maka akan muncul “Ayo Perbaiki!!” dan jika kedua kondisi tersebut tidak bisa dipenuhi oleh input dari variable “b” maka akan muncul “Mohon mengikuti perbaikan”.

Pada case 4: saya membuat pilihan untuk keluar dari program .
Saya menuliskan perintah ,

System.out.println("Terima kasih");
System.exit(0);
default:
System.out.println("Keluar dari program");

Pada perintah tersebut saya menuliskan jika , memilih case 4 maka akan muncul tulisan “Terima kasih” dan akan keluar dari program karena perintah System.exit(0); selanjutnya adalah perintah default yang berarti jika tidak memilih pilihan dari case 1 sampai 4 maka akan muncul tulisan “Keluar dari program”.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar