Minggu, 01 Oktober 2017

Softskill - Augment Reality

Augment reality (AR) atau jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti realitas tambahan , dalam pengertiannya sendiri jika mengutip dari laman Wikipedia Augment reality adalah suatu penggabungan antara benda digital baik berbentuk 2D maupun 3D kedalam lingkungan 3D nyata , lalu benda digital itu diproyeksikan secara real-time.

Samsung SARI AR SDK markerless tracker
yang digunakan di 
AR EdiBear game 

Tidak seperti Virtual Reality yang sepenuhnya menggantikan gambaran kenyataan , augment reality hanya menambahkan gambaran digital sebagai pelengkap di dunia nyata hanya saja pemroyeksian dari gambaran digital itu terjadi secara langsung diwaktu yang sama dengan tangkapan dunia nyata.


Alat Pendukung AR

1. Hardware

Hardware yang digunakan dalam augment reality tidak begitu berbeda dengan computer pada umumnya , harus memiliki prosesor unit , display , alat input namun ada suatu komponen yang sangat penting dalam pembuatan AR adalah sensor , karena penggunaan AR yang real-time jadi hardware harus bisa menanggapi perubahan yang terjadi di dunia nyata . Untuk menangkap perubahan tersebutlah kita menggunakan sensor agar perangkat kita bisa terus menangkap perubahan yang terjadi dan menyesuaikan display yang terjadi .

Beberapa sensor yang biasa dipakai antara lain , kamera , accelerometer , GPS , solid state compas .

2. Display

Penggunaan display untuk menampilkan gambaran digital agar bisa dilihat oleh pengguna , ada beberapa macam display seperti Monitor , optikal projector , Hand held devices dan display system yang dipakai di tubuh manusia.
Vuzix AR3000 AugmentedReality SmartGlasses

Aplikasi AR

Pokemon go adalah suatu game AR yang menggunakan sensor letak dan sensor kamera sebagai inti permainannya game ini dikembangkan oleh Niantic untuk Smartphone iOS dan Android .



Pemain Pokemon go di tuntut untuk berjalan keluar untuk mencari pokemon yang akan ditangkap , karena menggunakan sensor lokasi game akan menampilkan map berdasarkan lokasi kita berada dengan menyesuaikan lokasi kita berada dan merubahnya menjadi bentuk map digital dari game.


SUMBER DAN REFERENSI :
https://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah
https://en.wikipedia.org/wiki/Pok%C3%A9mon_Go

Tidak ada komentar:

Posting Komentar