Kamis, 01 Maret 2018

Arsitektur Web

Arsitektur Web adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah pengguna dan kebutuhan si pengguna tersebut. Ada banyak hal yang menjadikan suatu web dapat digunakan oleh pengguna dalam Arsitektur Web ada sebuah Interaksi antara 2 Entitas yaitu Web Server Sebagai Penyedia Layanan dan Web Browser Sebagai Client/Pengguna layanan.

Interkasi antara 2 Entitas terebut dibagi menjadi 3 :

1. Permintaan , Pengguna mengirimkan permintaan kepada server web , biasanya melalui halaman web untuk ditampilkan di web browser

2. Pemrosesan , Server Web menerima permintaan tersebut dan Kemudian memproses permintaan tesebut.

3. Jawaban , Browser menampikan hasil jawaban dari server pada jendela browser.


Dalam interaksi diatas kita bisa melihat bahwa adanya hal yang terjadi saat kita mengakses sebuah website dan aritektur dari web itu sendiri memiliki beberapa hal penyusunnya antara lain :
HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah Markup languge yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web (Browser) dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. 
Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <b> TAMPIL TEBAL</b>. Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.

HTML adalah dasar tampilan dari web sehingga penyedia web bisa mengkreasikan banyak hal pada HTML untuk menarik pengguna untuk datang ke WEBnya , oleh karena itu muncul banyak pekerjaan seperti designer web yang bertugas untuk membuat sebuah tampilan web yang menarik sehingga dapat menarik pengguna untuk menggunakan web tersebut.

HTTP

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Dalam hal ini, client adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web sedangkan penyedia web yang dikunjungi adalah Servernya.

WEB SERVER

Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang biasanya kita kenal dengan nama web browser dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.

Ketiga hal tersebut adalah hal teknis yang menyusun sebuah web sehingga dapat dibaca oleh pengguna melalui browsernya masing-masing.


SUMBER & REFERENSI

Simarmata , Jamer. 2010. Rekayasa WEB.Yogyakarta : ANDI.
https://id.wikipedia.org/wiki/HTML
https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_server

Tidak ada komentar:

Posting Komentar