Sabtu, 03 Maret 2018

Contoh penggunaan Web Semantik & Analisis

Web Semantik

Web Semantic adalah suatu ekstensi tambahan dari World Wide Web Jika mengutip dari Wikipedia menurut lembaga W3C "Web Semantic menyediakan suatu struktur standar yang membuat data bisa dibagikan dan digunakan lintas aplikasi , perusahaan atau komunitas" . Web Semantik pun akhirnya dianggap sebagai penintegrasi data dari berbagai konten , aplikasi dan system.

Cara kerja Web Semantik adalah suatu teknik pengambilan data-data yang berhubungan dan jika ada kesamaan data di aplikasi atau system lain maka akan dirangkum menjadi sebuah "Common Interets" yang merupakan sebuah kumpulan data dengan kemiripan konten , teknik mencari kemiripan konten itu menggunakan kesamaan "Kata" atau "Keyword" yang akan menggeneralisasi konten sesuai yang kita inginkan.

Web semantik dalam sehari-hari bisa ketemui dengan mudah dari google , saat kita ingin mencari suatu kalimat maka akan ditampilkan konten-konten yang relevan dengan kalimat yang kita cari sebagai contoh jika kita mencari "Soekarno dan Hatta" pada mesin pencari google maka konten yang akan di tampilkan adalah bahwa Soekarno dan Hatta adalah pasangan Presiden dan wakil Presiden pertama Indonesia . Jika kita mencari "Presiden Pertama Indonesia" maka yang akan muncul adalah Konten tentang Soekarno .

Karena cara kerja Web Semantik adalah dengan memahami suatu fragment data yang relevan dengan konten-konten lain dan mencari kesamaan dari konten-konten yang relevan tersebut.


Penggunaan Web Semantik & Analisis

Dari yang sudah dijelas kan sebuah contoh diatas adalah penggunaan Web Semantik pada Google . Saya akan memberikan contoh Web semantik dari website www.tokopedia.com . Tokopedia adalah salah satu website belanja online buatan indonesia yang banyak dipakai oleh orang indonesia

Kita akan mencoba menganalisa penggunaan web semantik pada Tokopedia.

Tampilan Homepage Tokopedia
Jika kita melakukan Searching pada toolbar Search maka akan ditampilkan beberapa contoh pencarian populer yang sering dicari oleh pengguna lain.


Kita coba mencari dengan kalimat "Laptop"



kelebihan yang dimiliki Tokopedia adalah jika kita mencari suatu barang kita bisa mengatur mulai dari rentang harga , warna , brand dan lokasi penjual . Sehingga Tokopedia akan menyajikan konten-konten yang relevan dengan pilihan-pilihan yang sudah kita inginkan.

Kekurangan dari Tokopedia adalah ia hanya menampilkan konten-konten yang ada pada databasenya yang merupakan kumpulan dari konten para pedagang yang mendaftarkan dagangannya pada Tokopedia . Tidak seperti google yang mencari ke berbagai website untuk menemukan data yang relevan dengan yang kita cari sedangkan Tokopedia lebih khusus karena pengguna yang ke Tokopedia hanya akan mencari barang untuk dibeli bukan mencari konten berita gosip yang tidak disediakan oleh tokopedia.



SUMBER & REFERENSI


https://en.wikipedia.org/wiki/Semantic_Web
https://www.tokopedia.com/
http://erfansubhana.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-semantik-web.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar