Sabtu, 31 Maret 2018

Institusi Pengelolalan Web

Pengelola Web dikembangkan oleh beberapa institusi, lembaga atau organisasi yang sangat berpengaruh bagi perkembangan internet dan web di dunia. berikut ini adalah bahasan singkat mengenai Pengelola Web di dunia dan di Indonesia.

INSTITUSI PENGELOLA WEB DI DUNIA

1. World Wide Web Consortium (W3C) 



Awalnya dibentuk dari Laboratorium Ilmu komputer MIT oleh Tim Berners-Lee an Al-Vezza. W3Csaat ini bertangggung jawab terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan Web. Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur oleh W3C. Saat ini W3C masih dipimpin oleh Berners-Lee. Website W3C dapat diakses pada URL:  http://www.w3c.org

2. Internet Engineering Task Force (IETF)

Merupakan badan yang bertanggung jawab terhadap masalah teknis dari perkembangan teknologi internet. IETF bertugas mengkaji berbagai teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request for comment (RFC). IETF fokus kepada evolusi dari internet dan menjamin proses tersebut berjalan dengan lancar .

3. ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers)

Singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan hukum pada 30 September 1998.Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del Rey, California .
Lembaga ICANN ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika Serikat oleh beberapa organisasi lain terutama Internet Assigned Numbers Authority (IANA) Biasanya berkisar dimasalah Domain Name Server (DNS) termasuk pada pengembangan dan standarisasi DNS System. ICANN juga mengatur IP addres untuk IPv4 dan IPv6 


SUMBER & REFERNSI
https://made21indra.wordpress.com/2015/04/25/institusi-pengelola-web/
https://en.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web_Consortium
https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Engineering_Task_Force
https://en.wikipedia.org/wiki/ICANN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar