Selasa, 22 November 2016

Sofskill - Sosial Dasar - Individu Keluarga dan Masyarakat


Pengertian

·      Individu berasal dari kata latin individuum yang artinya tidak terbagi. Individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa dan seberapa mempengaruhi kehidupan manusia (Abu Ahmadi, 1991: 23). Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat dibagi, melainkan sebagi kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

·      Keluarga menurut Wikipedia adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.


·      Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, aa masyarakat kota, masyarakat desa, masyarakat ilmiah, dan lain-lain. Dalam bahas Inggris dipakai istilah society yang berasal dari kata latin socius, yang berarti “kawan” istilah masyarakat itu sendiri berasal dari akar kata Arab yaitu Syaraka yang berarti “ ikut serta, berpartisipasi”

Pertumbuhan Individu

Individu sebagai manusia yang hidup dan bertumbuh memilki tahapan pertumbuhan semenjak ia dilahirkan hingga menjadi individu mandiri yang menjadi bagian dari masyarakat, dalam tahap pertumbuhan tersebut peranan keluarga sangat penting sebagai lingkungan yang akan mengajarkan bagaimana hidup bermasyarakat .
Fungsi Pendidikan dilihat dari bagaimana keluarga mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak . selain itu peranan lingkungan juga berpengaruh besar terhadap pertumbuhan individu contohnya bila seorang individu tinggal dilingkungan yang religius dan rajin beribadah kemungkinan besar individu itu juga akan menjadi orang yang religius , namun itu juga tidak bisa menjadi acuan pertumbuhan seorang individu .


Banyak factor yang mempergaruhi pertumbuhan individu contohnya :
·      Faktor Biologis
Semua manusia normal dan sehat pasti memiliki anggota tubuh yang utuh seperti kepala, tangan, kaki dan lainya. Hal ini dapat menjelaskan bahwa beberapa persamaan dalam kepribadian dan perilaku. Namun ada warisan biologis yang bersifat khusus. Artinya, setiap individu tidak semua ada yang memiliki karakteristik fisik yang sama.
·      Faktor Geografis
 Setiap lingkungan fisik yang baik akan membawa kebaikan pula pada penghuninya. Sehingga menyebabkan hubungan antar individu bisa berjalan dengan baik dan mencimbulkan kepribadian setiap individu yang baik juga. Namun jika lingkungan fisiknya kurang baik dan tidak adanya hubungan baik dengan individu yang lain, maka akan tercipta suatu keadaan yang tidak baik pula.
·      Faktor Kebudayaan Khusus
Perbedaan kebuadayaan dapat mempengaruhi kepribadian anggotanya. Namun, tidak berarti semua individu yang ada didalam masyarakat yang memiliki kebudayaan yang sama juga memiliki kepribadian yang sama juga.

Fungsi Keluarga

Menurut William J.Goode (1983), keluarga dibentuk dengan fungsi-fungsi sebagai berikut:
1.    Fungsi Biologis
2.    Fungsi Pemeliharaan
3.    Fungsi Ekonomi
4.    Fungsi Keagamaan
5.    Fungsi Sosial
 
Ilustrasi Keluarga
·      Fungsi biologis
Fungsi biologis adalah dimana keluarga berfungsi sebagai tempat dimana akan terjadi proses keberlanjutan keturunan dimana hakikatnya sebagai manusia memiliki semacam tuntutan biologis bagi keberlangsungan hidup keturunannya melalui perkawinan.
·      Fungsi Pemeliharaan
Fungsi pemeliharaan adalah dimana keluarga berfungsi sebagai tempat berlindung agar anggotanya merasa aman dan dapat terlindung dari gangguan-gangguan , seperti ;
1.    gangguan udara dan cuaca dengan berusaha menyediakan rumah
2.    gangguan penyakit dengan berusaha menyediakan obat-obatan
3.    dll

·      Fungsi ekonomi
fungsi ekonomi adalah dimana keluarga berusaha untuk menyelenggarakan kebutuhan manusia yang pokok yaitu :
1.    kebutuhan makan dan minum
2.    kebutuhan pakaian
3.    kebutuhan tempat tinggal

·      Fungsi keagamaan
Fungsi Keagamaan adalah dimana keluarga berfungsi sebagai tempat awal pembelajaran tentang agama dimana sesuai dengan ideology bangsa Indonesia yang menwajibkan bagi warga negaranya untuk menghayati mendalami dan mengamalkan pancasila , dan di dalam pancasila yang pertama berbunyi “Ketuhanan yang maha Esa” .
Dengan dasar ini keluarga diwajibkan untuk mengamalkan ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari sebagai manusia yang taqwa kepada Tuhan yang maha Esa.
·      Fungsi Sosial
Fungsi Sosial adalah dimana keluarga berfungsi sebagai tempat mempersiapkan seorang Individu tentang nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut masyarakat serta mempelajari peranan-peranannya yang diharapkan akan dijalankan nantinya saat Individu tersebut masuk kedalam kehidupan bermasyarakat.

Hubungan Individu, Keluarga dan Masyarakat

Aspek individu, keluarga, masyarakat adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Karena, tidak akan pernah ada keluarga dan masyarakat apabila tidak adanya individu. Sementara di pihak lain untuk mengembangkan dan mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media di mana individu dapat mengekspresikan dan menunjukan aspek sosialnya serta menumbuhkembangkan perilakunya sebagai manusia.
Karena tak dapat dipungkiri bahwa salah satu factor yang mempergaruhi perilaku sosial suatu individu tersebut bergantung dari keluarga dan masyarakat disekitarnya. Keluarga sebagai lingkungan yang peran paling besar dalam pembentukan sikap suatu individu dimana disana merupakan lingkungan yang paling pertama bagi seorang Individu untuk mengenal sikap dan norma-norma yang ada di masyarakat, sedang masyarakat merupakan media sosialisasi seorang individu dalam mengekspresikan dirinya secara lebih luas. Sehingga dapat menjadi suatu tolak ukur apakah sikapnya benar atau salah dalam suatu masyarakat tersebut.



REFERENSI & SUMBER
https://refiputrihandayani.wordpress.com/2015/09/28/hubungan-antara-penduduk-masyarakat-dan-kebudayaan-serta-hubungan-antara-individu-keluarga-dan-masyarakat/
https://khairunissanasrul.wordpress.com/2013/10/21/2-ilmu-sosial-dasar-individu-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pertumbuhan/
https://faisaladamsyah.wordpress.com/2013/10/28/individu-keluarga-dan-masyarakat/
https://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar