Jumat, 25 November 2016

Softskill - Sosial Dasar - Perguruan Tinggi dan Pendidikan


Pengertian

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Perguruan tinggi adalah lembaga satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Dimana Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen. Menurut jenisnya, perguruan tinggi dibagi menjadi dua:
·         Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
·         Perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.

Fungsi Perguruan tinggi sebagai Lembaga Pendidikan

Perguruan Tinggi sebagai Lembaga pendidikan memiliki fungsi dasar untuk mengajarkan dan memberikan pendidikan kepada setiap Individu yang menjadi peserta didik dari lembaga tersebut walau terkadang tak selalu terbatas hanya pada peserta didiknya saja. Perguruan tinggi dapat juga memberikan seminar atau penyuluhan kepada masyarkat umum.
Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata adalah sebagai berikut:
1.       Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
2.       Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
3.       Melestarikan kebudayaan.
4.       Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
  • ·         Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  • ·         Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  • ·         Menjamin integrasi sosial.
  • ·         Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  • ·         Sumber inovasi sosial.

Selain itu Pendidikan Tinggi memiliki beberapa fungsi, sebagaimana disebutkan dalam UU No. 12 Tahun 2012 Pasal 4 bahwa pendidikan tinggi memiliki 3 (tiga) fungsi sebagai berikut:
1.       Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 
2.       Mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma, dan
3.       Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

Tujuan Perguruan tinggi sebagai Lembaga Pendidikan



Selain memiliki fungsi sebagai penyelegara pendidikan tinggi, Perguruan tinggi juga memiliki beberapa tujuan. Seperti halnya pengertian dan fungsi pendidikan tinggi, tujuan pendidikan tinggi juga tertuang dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yaitu pada pasal 5. Dalam UU No. 12 Tahun 2012 pasal 5 tersebut disebutkan 4 (empat) tujuan pendidikan tinggi, yaitu sebagai berikut:

1.       Berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. 
2.       Dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa. 
3.       Dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia. 
4.       Terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.



REFERENSI & SUMBER
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_tinggi
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan
http://bayoscreamo.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-pendidikan-dan-perguruan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar