Minggu, 05 November 2017

CheckBox dan RadioButton pada Delphi

LISTING PROGRAM
 





LOGIKA PROGRAM
Kali ini saya akan membuat program menggunakan checkbox dan radion button yang biasa digunakan dalam tampilan menu di beberapa program .

Pertama saya membuat design tampilan seperti yang ada diatas dengan menggunakan checkbox dan radiobutton

Selanjutnya saya akan membuat coding perintah pada checkbox “Bold” agar tulisan yang kita ketikan pada editbar menjadi berubah tebal. Diatas saya menggunakan percabangan if yang dimana apa bila “Bold” di ceklis / checked maka akan membuat Edit1 dan Label1 menjadi bold dengan merubah font Stylenya menggunakan Edit1.Font.Style+[fsbold]; yang akan “menambahkan” font style Bold kedalam Edit1 dan Label1.

Sedangkan Pada Kondisi Else dimana bila “Bold” tidak di ceklis/checked maka edit1 dan Label1 akan “Dikurangi” font style bold dengan perintah Edit1.Font.Style-[fsbold];  jadi font style bold tidak akan ada lagi pada edit1 dan label1 kecuali checkbox “bold” di ceklis. Logika diatas juga berlaku pada Checkbox “Italic” dan CheckBox “Underline”.


Selanjutnya adalah coding pada radio button , tidak seperti Check box yang bisa kita buat agar user dapat memilih beberapa pilihan , Radio Button walau kita membuat beberapa pilihan Radio Button hanya bisa memilih satu pilihan dalam 1 waktu .

Dengan perintah di atas kita bisa merubah , Font dari Edit1 dan Label1 , menjadi “Arial” atau “Times new Roman” menggunakan perintah Edit1.Font.Name:=’Arial’; yang jika kita pindahkan dari Radio Button1 “Arial” ke Radio Button2 “Times new Roman” maka Edit1 dan Label1 akan berubah sesuai Font yang kita pilih.


OUTPUT PROGRAM




Tidak ada komentar:

Posting Komentar