Sabtu, 04 November 2017

Class dan Method di Java

LISTING
 


LOGIKA



Pada program ini saya membuat contoh tentang class dan method , pertama class pada program saya adalah “subclass1” selanjutnya adalah membuat object pada class tersebut dengan perintah subclass1 m1 = new subclass1(); , jika kita ibaratkan object dengan class seperti kue dan cetakan kue , dimana class adalah cetakan kue dan object adalah kuenya artinya di dalam satu kelas kita bisa membuat beberapa object yang akan menjadi satu kesatuan pada class tersebut.

Bentuk umum dari pembuatan object adalah , class object = new class () , jadi dengan perintah diatas class “subclass1” membuat sebuah object “m1” pembuatannya sama dengan variable dimana kita bisa merubah nama object sesuai dengan yang kita butuhkan .
Selajutnya adalah pemanggilan object dengan membuat object m1.perkalian m1.pembagian m1.penjumlahan dan m1.pengurangan di sana kita tentukan nilai dari object tersebut adalah 5 .



Pada gambar diatas adalah perintah yang ada pada object “m1” , pada object “m1” ada beberapa subobject , yaitu ada perkalian, pembagian, pertambahan, dan perngurangan. pada masing-masing object tersebut ada sebuah perintah masing – masing yang nantinya akan digunakan saat object itu di panggil , contohnya saat di panggil dengan perintah .

System.out.println("hasil = " +m1.Perkalian(5)+ "\n"); 
Maka , object perkalian akan melakukan
int Perkalian (int nilai){
System.out.println("Hasil Perkalian");
System.out.println(+nilai+ " * " +nilai);
nilai = nilai * nilai ;
return nilai;
}
Dimana dengan object m1.Perkalian(5) memanggil perintah-perintah yang ada di object “perkalian” dan setelah semua perintah dari object perkalian selesai dilakukan maka hasil perintah itu akan di kembalikan ke object m1.Perkalian dan begitu juga object – object yang lainnya.
OUTPUT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar