Sabtu, 04 November 2017

Pengenalan Delphi

LISTING




 

LOGIKA PROGRAM
Saat ini saya akan membuat aplikasi menghitung harga barang dan kembalian pada Delphi menggunakan bahasa pemgoraman pascal .



Pertama adalah melakukan Penginisialisasian variable yang akan kita gunakan dalam pemrosesan data pada program ini , karena pada bahasa pemograman pascal variable harus di inisialisasikan pada tempatnya tersendiri seperti diatas.



Berikutnya adalah membuat koding untuk melakukan “PROSES” dimana kita akan menghitung total harga dari harga barang dan jumlah barang yang sudah di input. Di sana saya menggunakan variable a dan b untuk menginisialisasikan dari harga barang dan jumlah barang , saya menggunakan “strtoint” karena hasil input yang dimasukan dari “edit tab” selalu berupa String dan harus di ubah menjadi Integer dahulu agar bisa dip roses menggunakan perhitungan aritmatika.

Selain itu saya juga akan memunculkan proses dari perhitungan tersebut kepada editbar dengan totalhrg.Text:=inttostr(total); disana saya merubah hasil proses yang berupa Integer menjadi String dengan menggunakan “inttostr” agar bisa dicetak.



Berikutnya saya membuat button untuk menghitung kembalian dari uang yang kita bayarkan , disana . dengan melakukan pernguranagan dari “byr” uang yang kita bayar dengan “total” harga total yang sudah kita proses sebelumnya



Saya  juga menyediakan button Clear untuk membersihkan semua input yang sudah dilakukan menjadi kosong kembali. Dengan menggunakan perintah .Clear.



Saya juga mennyediakan tombol Close untuk keluar dari program , dengan menggunukan perintah . form1.Close


OUTPUT PROGRAM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar