Minggu, 05 November 2017

Percabangan pada VBasic

LISTING
  



LOGIKA PROGRAM
Pada program ini saya akan membuat tentang percabangan pada vb .

Pertama dengan design seperti itu saya akan membuat sebuah program yang akan menentukan grade dari nilai yang kita masukan . dengan blok statement seperti ini .

Diatas saya menggunakan 2 buah variable yang pertama ada angka bertipe data Integer untuk menentukan grade dan variable cetak untuk mencetak grade yang sudah ditentukan . pada variable angka saya mengambil dari inputan Text1  dengan menggunakan perintah angka=Val(Text1.Text) yang akan mengubah dari input berupa string akan diubah menjadi data berupa integer.

Selain itu untuk percabangan saya menggunakan percabangan if – elseif yang bisa menggunakan beberapa kondisi yang bisa kita masukan kesana seperti contoh bila nilai dari data yang kita masukan diatas 90 maka kita akan mendapatkan nilai A.

Setelah itu kita akan mencetak hasil dari grade tersebut ke label2 dengan perintah Label2.Caption = "Nilai : " + Text1.Text + " Dengan Grade " + cetak pada label di vb kita menggunakan tanda tambah “+” untuk memasukan statement cetak agar bisa dimunculkan .



Selanjutnya saya akan membuat sebuah percabangan dengan case select .

Pada label2 , saya membuat perintah seperti diatas agar bisa membuat sebuah menu dengan tulisan menggunakan garis baru hanya menggunakan 1 label , hal itu dilakukan dengan menggunakan perintah vbCrlf yang akan membuat tulisan di label menjadi membuat garis baru/enter.

Disana saya mengguakan variable pilih digunakan untuk nantinya memilih case yang disediakan oleh kita , untuk membuat select case pada vb kita menggunakan perintah select case variable seperti perintah select case pilih jadi nanti percabangan casenya akan memilih dari input yang dimasukan pada variable pilih .

Tidak seperti percabangan if , percabangan case hanya bisa menggunakan persyaratan kondisi berupa angka tidak , tidak seperti percabangan if yang bisa menggunakan kondisi perbandingan dan macam-macam kondisi lainnya.
OUTPUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar