Minggu, 05 November 2017

Pengenalan VBasic

LISTING



  
LOGIKA PROGRAM

Pertama Pada program ini saya membuat sebuah command button ‘PRINT’ dan ‘CLEAR’ . Disini print berfungsi untuk mencetak inputan dari text bar yang kita input menjadi tulisan dengan perintah dibawah ini


Pada statement diatas kita membuat perintah bahwa saat command button ‘Print’ di tekan , Caption dari label1 akan memuculkan "Nama saya " + Text1.Text + " NPM saya " + Text2.Text + " Dari kelas " + Text3.Text . Yang dimana Text1.Text , Text2.Text , dan Text3.Text merupakan variable yang menampung inputan kita di text bar.


Selanjutnya adalah tombol Clear yang merupakan tombol untuk membersihkan atau menghilangkan isi dari text bar yang baru saja kita input .hampir sama dengan mencetak seperti perintah command button Print hanya saja dengan perintah diatas kita akan merubah text1.text menjadi “” atau yang bila muncul hanya kosong .


Selanjutnya saya membuat tombol-tombol ‘RED’, ‘BLUE’, ‘GREEN’ , dan ‘YELLOW’ yang nanti akan merubah tulisan dari hasil output di label1 menjadi berwarna .

Perintah yang digunakan untuk membuat tulisan pada label1 berwarna adalah seperti diatas , dimana perintah tersebut adalah cara untuk merubah foreColor dari Label1 yang nantinya akan menghasilkan tulisan berwarna seperti yang kita inginkan disana saya menyediakan perubahan warna yaitu ada merah , biru , hijau dan kuning .Yang di munculkan dengan perintah vbRed , vbGreen , vbBlue , dan vbYellow . Untuk memanggil warna yang kita inginkan pada statement diatas di lakukan dengan menambahkan ‘vb’ didepan nama warna.

Selanjutnya adalah button untuk membuat background menjadi berwarna , disini saya menyediakan untuk merubah warna menjadi hijau , kuning , putih dan hitam.


Hampir sama dengan mengubah warna font pada command button sebelumnya , hanya saja jika yang sebelumnya dirubah ada foreColor dari label1 , saya merubah BackColor dari Form1 , form1 yang merupakan tempat untuk meletakan berbagai tool pada program kita , juga bisa kita ubah dan atur sesuai yang kita butuhkan , salah satunya contohnya adalah warna yang sedang kita lakukan . Dengan perintah diatas maka kita akan merubah warna BackColor dari Form1 .
OUTPUT
Merubah Warna Font

Merubah warna background


Tidak ada komentar:

Posting Komentar