Minggu, 05 November 2017

Perulangan pada Delphi

LISTING PROGRAM
   




LOGIKA PROGRAM
Kali ini saya membuat program tentang perulangan , disini saya membuat 3 button untuk melakukan perulangan dengan cara yang berbeda yang pertama ada perulangan while , perulangan for , dan perulangan repeat until.



Pertama adalah perulangan While perulangan ini menggunakan perintah while (Kondisi) do yang nantinya akan melakukan perulangan sesuai dengan kondisi yang akan kita masukan , pada perulangan while program akan melakukan pengecekan kondisi lalu baru akan melakukan statement yang kita berikan setelah mengetahui kalai kondisi yang kita input terpenuhi.



Yang kedua adalah perulangan for , dengan menggunakan perintah for Variable := nilai awal to nilai akhir do maka disini pada perulangan for biasanya cukup hanya menggunakan 1 variabel yang nantinya nilainya akan bertambah sesuai dengan parameter yang kita set pada nilai awal dan nilai akhir .



Selanjutnya adalah perulangan repeat until yang hampir mirip dengan perulangan while , namun yang membuat berbeda adalah jika perulangan while melakukan pengecekan terlebih dahulu baru mengerjakan perintah sedangkan perulangan repeat akan melakukan perintah paling tidak sekali walau kondisinya salah . Selain itu kondisi dari perulangan repeat harus terbalik dari perulangan while jika tidak terbalik seperti jika di while syaratnya adalaha (nilai awal<=nilai akhir) maka di perulangan repeat harus (nilai awal>=nilai akhir)



Selanjutnya adalah tombol reset untuk membersihkan isi dari editbar dan listbox . Dengan perintah seperti diatas .



OUTPUT PORGRAM
   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar