Sabtu, 04 November 2017

IO pada JAVA

LISTING




LOGIKA



Pada program kali ini saya membuat program untuk membuat sebuah file dengan menggunakan library IO (Input Output) , io.File library untuk melakukan pembuatan file. Io.IOException digunakan untuk melakukan exception handling atau penanganan kesalahan.



Pada program ini saya menggunakan “try catch” yang digunakan untuk melakukan penangkapan masalah yang bila didalam program kita terjadi kemungkinan suatu masalah terjadi pada program ini .
kita memasukan perintah program pada “try” dan pada “catch” kita memasukan jenis error yang mungkin terjadi dan output yang terjadi bila error terjadi.
Perintah untuk membuat filenya adalah ,
path = "D:\\TUGAS\\NGULIAH\\latihan\\"+nama+"."+ext;
File f1 = new File(path);
System.out.println("File berhasil dibuat");
f1.createNewFile();
Pertama kita membuat path atau tempat kita akan menyimpan file dengan path = "D:\\TUGAS\\NGULIAH\\latihan\\"+nama+"."+ext; dimana variable “nama” yang akan menjadi nama file yang kita buat dan “ext”nya sebagai ekstensi dari file yang akan kita buat.
lalu kita membuat indentifier untuk membuat file pada utilitas “File” dengan File f1 = new File(path); dan kita membuat perintah untuk membuat file baru dengan f1.createNewFile(); dan nama file dan esktensi yang kita input akan menjadi file baru yang kita inginkan. 


OUTPUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar