Rabu, 29 November 2017

Game development - Bagaimana Game dibuat ?

Video game development adalah sebuah proses pembuatan Video game dimana pengerjaannya di lakukan oleh game developer yang bias di lakukan perorangan bahkan hingga tim yang terdiri dari berbagai orang dari bermacam Negara. Pembuatan game PC atau game konsol yang biasa ada di pasaran biasanya di buat oleh publisher, yang waktu pembuatannya bisa mencapai beberapa tahun. Selain game yang dibuat publisher ada game Indie yang dibuat oleh perorangan atau tim developer kecil dengan cost produksi yang lebih kecil.

Game bisanya di produksi dengan melalui proses pengembangan software . Game dibuat oleh para pemilik ide kreatif agar menarik para konsumen agar mau membeli game tersebut dan akhirnya menghasilkan keuntungan untuk developer game tersebut. Penting untuk menprediksi seberapa besar kebutuhan financial untuk membuat sebuah game , oleh karena itu dibutuhkan penjelasan detail dan realistic tentang apa saja yang akan di sajikan dalam game tersebut . Jika kita tidak bisa dengan melakukan perkiraan game yang akan kita buat secara jelas maka akan menghasilkan produksi yang melebihi budget yang ditentukan.

Budget rata-rata untuk pengembangan sebuah game multiplatform berkisar US$18-28M , sedangkat game yang terkenal bisa hingga melebihi $40M.

Pada masa awal era computer rumahan dan video game konsol pada awal tahun 1980an , seorang programmer bisa melakuakan hamper semua pekerjaan dalam pengembangan game seperti programming , desain graphic , pembuatan sound effect dan lainnya.

Namun kini dengan berkembangnya keinginan dan kebutuhan industry game modern seorang programmer saja tidak cukup untuk mengerjakan semua pekerjaan tersebut . Oleh karena biasanya dilakukan pembagian kerja dan tanggung jawab secara terpisah hingga pekerjaan yang di lakukan lebih sedikit dan tidak membebenani satu orang.




Beberapa pembagian kerja dalam pembuatan game antara lain , programmer untuk membuat program yang menjalankan game tersebut , Designer untuk membuat design baik User interface atau design karakter dari game yang dikembangkan , ada juga yang bertugas dalam pembuatan sound effect dan music latar untuk game , dan juga di beberapa game terdapat pengisi suara untuk karakter agar karakter tersebut menjadi lebih nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar