Jumat, 22 Desember 2017

20 Game Terbaik Playstation 1 Sepanjang Masa! [PART 5]



Gran Turismo 2



Di masa keemasan Playstation, game racing dibedakan menjadi dua bagian besar: yang arcade dan yang super gila. Arcade dikuasai oleh game-game seperti Ridge Racer dan Need for Speed yang cukup diterima luas di kala itu. Sementara yang “Gila” dikuasai oleh game yang meminta Anda untuk berfokus menghancurkan mobil lain seperti Twisted Metal, Vigilante 8, atau Nascar Rumble. Lalu muncul lah Gran Turismo. Hampir sebagian besar gamer yang mencicipi Gran Turismo 2 untuk pertama kali biasanya akan berkomentar satu hal – ia menawarkan kualitas visual penuh detail yang terhitung fantastis di kala itu. Namun begitu mencicipi gameplay-nya? Maka sadarlah kita bahwa ada satu genre lagi di dalam racing – yakni, simulasi. Dimana kemenangan bukan lagi bergantung pada seberapa sering Anda menabrak dinding dan memantul cepat ke jalan, tetapi dari akurasi rem dan gas yang tepat.

Metal Gear Solid



Snake.. SNAKE.. SNAKEEEE..!! Teriakan ikonik ini sudah pasti melekat di benak gamer Playstation yang sempat mencicipi Metal Gear Solid di kala itu. Sejujurnya, dengan semua kompleksitas yang ditawarkan Kojima di dalamnya, ia bukanlah game yang bisa dinikmati gamer anak-anak atau remaja begitu saja. Terlalu banyak percakapan, terlalu lama cut-scene, tingkat kesulitan yang terlalu tinggi, hingga visual yang tak seberapa baik cukup untuk membuat banyak gamer angkat tangan, termasuk kami. Namun seiring dengan bertambahnya umur dan insting gaming yang semakin tinggi, Metal Gear Solid adalah sebuah proyek gaming dengan nilai jual yang sulit untuk dibandingkan. Anda mulai belajar memahami ceritanya, menikmati setiap kepintaran yang diperlihatkan Kojima di setiap canda Codec dan pertempuran Boss, serta aksi yang memberikan cukup keleluasaan untuk Anda pilih. Sebuah seri brilian yang membuat franchise ini terus bertahan hingga saat ini.

Xenogears



Sejujurnya, untuk kami sendiri, cerita Xenogears bukanlah elemen yang kami ingat dengan pasti. Kami hanya masih mengingat bagaimana game racikan Squaresoft ini berhasil membuat kami tetap bertanya-tanya sampai akhir permainan, tanpa mengerti sedikit pun esensi cerita seperti apa yang ia tawarkan. Waluapun demikian, hal ini tidak menghalangi Xenogears untuk masuk sebagai salah satu game Playstation terbaik yang pernah ada. Sistem pertarungan unik, desain mecha keren, musik yang begitu menggugah rasa, hingga cerita super kompleks yang butuh banyak kali permainan untuk dimengerti tampaknya jadi daya tarik yang sulit untuk ditolak. Mengagumkan memang, bagaimana mesin tua dengan CD seperti Playstation bisa menawarkan waktu gameplay lebih banyak via Xenogears daripada game-game “keren” yang dirilis saat ini.

Suikoden 2



Sebagian dari Anda mungkin sudah memprediksi keputusan ini, namun bagi kami pribadi, tidak pernah ada kata cukup untuk terus membicarakan seberapa fantastisnya Suikoden II sebagai sebuah game RPG. Visual dan dunianya memang tidak indah, namun tidak ada satupun RPG yang mampu menawarkan kisah kepahlawanan sehebat Suikoden II. Perang, kematian, pengkhianatan, persahabatan, perjuangan untuk mempertahankan nilai-nilai kebajikan diramu dengan sistem pertarungan RPG, mini game ala game strategi, karakter memorable, musik keren, hingga beragam cabang cerita yang akan menentukan apakah Anda berhak mendapatkan ending terbaik atau tidak. Percaya atau tidak, Suikoden 2 juga menjadi game pertama yang membuat kami tidak berkeberatan untuk singgah di warnet, mencari walkthrough berbelas-belas halaman, menyetaknya dengan harga mahal, semata-mata demi 108 karakter. All that memories..

Di atas adalah 20 game Playstation terbaik menurut kami, yang diluncurkan sebagai ucapan sekaligus perayaan ulang tahun untuk Playstation pertama yang ke-20. Ia menjadi salah satu alasan yang membuat banyak gamer Indonesia yang sudah dewasa kini terus mencintai industri yang satu ini, walaupun harus diakui, ia juga menjadi pengingat bagaimana waktu berjalan begitu cepat dan usia ternyata berakhir tidak lagi muda. Playstation pertama bukan lagi sekedar sebuah produk, sebuah konsol gaming tanpa arti di benak banyak gamer Indonesia. Ia merepresentasikan rasa cinta, memori, dan masa kanak-kanak itu sendiri. Selamat ulang tahun, Playstation 1!

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game Playstation pertama yang sempat Anda jajal di masa lalu, manakah yang menurut Anda pantas menyandang predikat sebagai yang terbaik?

Pages: 1 2 3 4 5

SUMBER : http://jagatplay.com/2015/09/news/20-game-terbaik-playstation-1-sepanjang-masa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar