Rabu, 20 Desember 2017

Program Invers & Determinan dengan Java

LISTING


LOGIKA PROGRAM
Pada program kali ini saya akan membuat program tentang menghitung invers matriks 2x2 .

Pada program ini saya menggunakan IOExeption dan BufferedReader . IOExeption digunakan agar jika terjadi kesalahan input saat melakukan input maka program tidak akan menjadi error namun akan masuk ke pada sebuah statement yang nanti kita siapkan .
Selanjutnya penggunaan BufferedReader , BufferedReader hampir sama dengan Scanner namun BufferedReader lebih spesifik karena , selain fungsinya juga untuk mengurangi pembacaan memory saat input dengan mengurangi buffer time , selain itu penggunaannya tidak berbeda jauh dengan Scanner.

Setelah itu kita akan melakukan input elemen matriks menggunakan array , disini kita menggunakan perulangan for bersarang agar kita bisa melakukan input menjadi bentuk baris dan kolom , dengan perintah perulangan for seperti di atas saat selesai melakukan 1 perulangan pada baris pertama untuk membuar kolomnya pada perulangan J baru perulangan I akan melakukan perulangan dan membuat baris kedua.
Disana statement untuk melakukan input kedalam array menggunakan perintah matrika[i][j]=Integer.parseInt(input.readLine()); karena kita menggunakan BufferedReader kita harus menyatakan terlebih dahulu kita akan melakukan input dalam bentuk tipe data apa , perintah Integer.parseInt adalah sebuah inisialisasi bahwa kita akan melakukan input dalam bentuk Integer .

Selanjutnya kita akan menampilkan matriks nya dengan menggunakan perulangan for bersarang yang sama dengan saat kita melakuakn input tetapi statement yang di keluarkan adalah untuk melakukan cetak output dengan menggunakan perintah System.out.print(matrika[i][j]+" "); .

Selanjutnya kita akan menghitung determinan dari matriks tersebut Untuk melakukan perhitungan determinan , kita menggunakan operasi aritmatika seperti rumus determinan     (a*d)-(b*c) yang dibuat menjadi operasi pada program ini menjadi perintah int dtr=(matrika[0][0]*matrika[1][1])-(matrika[0][1]*matrika[1][0]);
Dimana matriksa[0][0] sebagai ‘a’ karena matriks tersebut adalah matriks di baris pertama dan dikolom pertama seperti ‘a’ Di java Indeks array dimulai dari angka nol ‘0’ maka yang menjadi ‘a’ adalah matriksa[0][0] dan begitu juga untuk elemen yang lain.

Selanjutnya kita akan melakukan operasi adjoin dimana jika dalam bentuk operasional maka adjoin menjadi seperti
A B = D -B
C D -C A

Jadi kita akan melakukan pertukanran dari array A dengan array D yang diwakili oleh matrika[0][0] dan matrika[1][1] oleh karena itu kita akan menggunakan variable temp sebagai tempat menampung sementara nilai yang ada sebelum di tukarkan yang akan kita lakukan dengan perintah seperti diatas.

Selanjutnya kita akan membuat inversnya dengan melakukan perulangan for bersarang seperti mencetak di awal tapi statement yang di munculkan adalah perintah untuk mencetak inversnya dengan perintah System.out.print(matrika[i][j]+"/"+dtr+" ");

OUTPUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar