Senin, 18 Desember 2017

VLOOKUP & HLOOKUP pada Ms.Excel

Kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Ms.Excel yang berguna untuk mencari dan mencocokkan data dari satu table data dengan table data lain. Pada dasarnya fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP sama hanya cara kerjanya saja yang berbeda .
VLOOKUP , Merupakan singkatan dari Vertikal LookUP yang sesuai dengan namanya , ia akan mencari dan mencocokan data secara vertical / baris demi baris . Sedangkan HLOOKUP , Merupakan singkatan dari Horizontal LookUP yang sesuai dengan namanya ia akan mencari dan mencocokan data secara horizontal.

Cara menggunakan VLOOKUP pertama ketikan =VLOOKUP  pada table yang kita inginkan , lalu pertama yang kita lakukan adalah memilih data yang akan dicocokan , dengan memilih table cell yang berisi data tersebut hingga muncul effect berkedip-kedip yang mengelilingi table cell tersebut , jika sudah maka posisi dari cell tersebut akan muncul didalam kurung dari fungsi VLOOKUP dengan warna biru.

Selanjutnya adalah memilih lokasi dimana kita akan mencari data yang akan kita cocokkan , dengan memblok table cell yang kita inginkan , jika sudah maka koordinat dari table cell yang kita pilih akan muncul dengan warna hijau pada fungsi VLOOKUP.

Selanjutnya kita harus mengunci lokasinya agar jika tabelnya kita pindahkan data yang sudah dicocokan tidak akan hilang , dengan menekan F4 yang jika sudah maka akan muncul tanda “$” pada koordinat lokasi pada fungsi VLOOKUP tersebut seperti gambar diatas.

Selanjutnya adalah kita mengetikan kita ingin mencocokan data yang kita cari dengan isi data di kolom mana , contohnya saya ingin mencocokan data No.Barang  “001” dengan Nama pada table sebelahnya maka kita harus mengetikan angka 2 karena data Nama ada di kolom no.2 pada lokasi yang kita Blok/pilih tadi. Setelah selesai tekan ENTER.

Maka jika sudah selesai maka data nya akan sama seperti diatas.

Selanjutnya cara menggunakan HLOOKUP yang tidak begitu berbeda dengan VLOOKUP hanya saja yang kita lakukan saat memblok lokasi nya secara mendatar atau Horizontal karena cara mencari dari HLOOKUP yang mencari dan mencocokan secara horizontal/ perkolom.

Jika Sudah selesai maka data yang buat akan terlihat seperti yang dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar