Selasa, 19 Desember 2017

Program Vektor dengan Java

LISTING
 





 


LOGIKA PROGRAM
Pada program kali ini saya akan membuat program tentang operasi perhitungan vector .

Pertama saya membuat perintah import java.util.Scanner; yang digunakan untuk memanggil utility Scanner pada java yang digunakan untuk melakukan input. Setelah itu dalam class Matifpert1 saya membuat perintah Scanner input = new Scanner(System.in); . yang digunakan untuk membuat variable input.
Setelah itu saya membuat variable dan array yang akan digunakan dalam proses perhitungan vector , disana ada array v1 , array v2 , dan array jmlh .

Berikutnya adalah saya akan membuat method dimana kita akan kita akan melakukan input banyak elemen vector dan juga kita akan menginput nilai dari vector tersebut . Di sana untuk melakukan input saya menggunakan perulangan for dengan perintah for(int i=0;i<n;i++) yang akan mengulang input dari data yang akan di masukan ke dalam array sebanyak jumlah elemen n yang kita masukan pertama kali .

Selanjutnya adalah membuat method yang akan menampilkan hasil inputan yang tadi kita masukan kita menggunakan perulangan yang sama dengan perulangan for pada saat melakukan inputan . dengan menggunakan perintah for(int i=0;i<n;i++) kita akan membuat perulangan yang akan menampilkan data yang tersimpan pada array dengan perintah System.out.print(v1[i] ); . Disana saya memberikan perintah percabangan if(i!=n-1); yang jika nilai i bukan n-1 maka ia akan mencetak System.out.print(",");

Berikutnya adalah method untuk melakukan proses penjumlahan vector . Sama seperti sebelumnya kita akan menggunakan perulangan for dengan syarat yang sama dengan sebelumnya . Setelah itu dalam perulangan itu akan ada perintah jmlh[i]=v1[i]+v2[i]; dimana setiap anggota dari v1 akan di tambahkan dengan anggota dari v2 yang nantinya hasilnya akan masuk kedalam anggota array jmlh . Begitu juga dengan method untuk melakukan proses pengurangan pada vector , yang di lakukan hanya mengganti proses penjumlahan menjadi pengurangan jmlh[i]=v1[i]-v2[i]; .


Selanjutnya adalah method untuk melakukan perkalian vector dengan nilai K yang kita input di awal . Yang kita lakukan sama dengan perulangan pada proses penjumlahan vector hanya saja proses yang dilakukan adalah jmlh[i]=v1[i]*k; yang berarti setiap anggota v1 akan di kalikan dengan nilai K yang kita input dan akan dimasukan kedalam array jmlh  .

Yang terakhir adalah melakukan pemanggilan dari setiap method pada method utama yang akan memanggil method lain menggunakan konsturktor yang dibuat dengan perintah Matifpert1 tampil = new Matifpert1(); yang akan membuat konsturktor tampil yang bisa memanggil method method lain seperti diatas.

OUTPUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar