Selasa, 19 Desember 2017

Program Matriks dengan Java

LISTING
 




LOGIKA PROGRAM
Kali ini saya akan membuat program tentang matriks .

Pertama adalah membuat blok perintah untuk memasukan berapa banyak jumlah baris dan kolom yang akan di gunakan pada matriks A. Disana dengan menggunakan perintah baris=scan.nextInt(); dan kolom=scan.nextInt(); kita akan membuat program untuk menentukan jumlah baris dan kolom matriks A yang akan kita buat .

Selanjutnya adalah adalah membuat perulangan yang dimana kita akan melakukan input dari anggota dari matriks A tersebut . Disana kita menggunakan perulangan bersarang karena kita akan melakukan inputan dalam bentuk baris dan kolom dengan perintah.
for(int i=0;i<baris;i++){
for(int j=0;j<kolom;j++){
Dengan perintah itu saat kita selesai melakukan input pada baris pertama kita akan melakukan input ke baris kedua dengan melakukan input sebanyak kolom yang kita tetapkan pada input sebelumnya dan akan berulang lagi hingga seluruh baris terinput. Setelah itu semua inputan yang kita masukan akan masuk ke dalam array dua dimensi A[ ][ ] dengan perintah A[i][j] = scan.nextInt(); yang akan menampung data kita sebanyak baris dan kolom yang kita masukan tersebut .

Selanjutnya adalah membuat blok perintah yang akan memunculkan hasil inputan dalam bentuk baris dan kolom seperti matriks pada umumnya . Perintah yang digunakan adalah perulangan bersarang yang sama seperti saat melakukan input anggota matriks . hanya saja yang di lakukan saat blok statement adalah melakukan memunculkan anggota matriks yang ada pada array dua dimensi A [ ][ ] dengan perintah System.out.print(" "+A[i][j]+" "); .
Setelah itu kita membuat input Matriks B yang perintahnya sama dengan input Matriks A Hanya saja yang berbeda adalah saat perulangan data yang di input masuk kedalam matriks dua dimensi B [ ][ ] . dan yang ditampilkan juga matriks dua dimensi B [ ][ ].

Berikutnya adalah membuat blok perintah untuk melakukan operasi pertambahan dan perngurangan pada matirks . yang kita lakukan hampir sama dengan memunculkan anggota matriks A dan Matriks B hanya saja dalam perulangan tersebut kita melakukan operasi pertambahan dan pengurangan pada setiap anggota Matirks A kepada Matriks B dengan menggunakan perintah System.out.print(" "+(A[i][j]+B[i][j])+" "); dimana dalam perintah tersebut kita menambahkan anggota matriks A dengan anggota Matriks B. dan untuk melakukan perulangan kita hanya cukup merubah operasi tambah menjadi kurang hingga perintahnya menjadi seperti System.out.print(" "+(A[i][j]-B[i][j])+" "); .

OUTPUT
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar