Jumat, 15 Desember 2017

Logika Fungsi pada Python

LISTING PROGRAM
   






LOGIKA PROGRAM

Kali ini saya akan membuat program tetang menu menggunakan fungsi pada python , fungsi pada python merupakan sebuah sub program dari program utama yang bisa dipanggil dan digunakan pada program utama pada saat fungsi dipanggil .
Fungsi pada python memiliki bentuk dasar yaitu def namafungsi(): , yang disini kita gunakan untuk mendefinisikan sebuah fungsi . Di gambar diatas saya membuat sebuah fungsi ’menu’ , penempatan sebuah fungsi bisa dilakukan dimana saja yang paling penting adalah penempatan dimana kita akan memanggil fungsi tersebut.


Seperti Diatas saya meletakan beberapa pemanggilan dari fungsi-fungsi yang saya buat pada sebuah percabangan yang nantinya jika kita memilih angka pada input kondisi yang memenuhi maka fungsi yang ada didalamnya akan terpanggil dan dijalankan.

Berikutnya saya membuat fungsi ‘kalkulator’ dimana di program ini akan melakukan penjumlahan , pengurangan , perikalian dan pembagian pada dua buah angka yang di input oleh user.

Berikutnya adalah sebuah fungsi ‘segitiga’ dimana fungsi ini akan membuat sebuah segitiga sama kaki yang besarnya tergantung dari besar inputan dari user . Disini untuk bisa membuat sebuah segitiga sama sisi menggunakan 4 buah perulangan , dimana yang pertama (i) digunakan untuk membuat tinggi segitiga , yang kedua (balik) di gunakan untuk membuat segitiga terbalik yang akan membuat sisi segitiga menjadi berbentuk sama sisi. Dan yang ketiga(ai) dan keempat(a2) digunakan untuk membuat segitiga sama sisinya.

Berikutnya adalah sebuah fungsi untuk menghitung faktorisasi dari angka yang dimasukan oleh user disini saya menggunakan perulangan while untuk melakukan perkalian berulang yang di lakukan oleh perhitungan faktorisasi

Terakhir adalah pemanggilan fungsi di program utama , program utama dari coding yang saya ini adalah yang tidak ada di dalam fungsi jadi penempatan fungsi bisa dilakukan dimana saja , asalkan pemanggilan dari fungsi tersebut sesuai dengan yang di butuhkan.




OUTPUT PROGRAM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar