Bentuk (Shape) juga bisa digunakan untuk menarik respon dari pengunjung. Penggunaan Bentuk yang efektif akan secara psikologi mengmotivasi pengunjung, menginspirasi pengunjung dan memberikan tantangan kepada pengunjung, kadang tanpa si pengunjung menyadari kenapa bisa termotivasi,dsb.
Tabel di bawah menerangkan arti universal (secara psikologis) dari bentuk.
BENTUK | RESPON PSIKOLOGIS |
Lingkaran | - Koneksi, Komunitas, Keseluruhan, Ketahanan, Pergerakan, Keamanan. - Referensi untuk perasaan kewanitaan : Kehangatan, Kenyamanan, Sensualiatas, dan Cinta |
Kotak | - Keteraturan, Logis, Keamangan. - Kotak juga adalah dasar dari objek 3 dimensi yang berarti Berat, Massa, dan Kepadatan |
Segi Tiga | - Energi, Power, Keseimbangan, Hukum, Ilmu Pasti, Agama. - Juga sebagai referensi untuk perasaan maskulin : Kekuatan, Agresi, dan Pergerakan yang dinamik. |
Bentuk, biasanya bisa digabungkan untuk membuat kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan sebuah Lingkaran dan sebuah SegiTiga, akan menghasilkan kesan energetik, dan dinamik. Atau penggunakan sebuah Lingkaran dan sebuah Persegi untuk kehangatan dan perasaan aman.
Kekuatan dari Bentuk dan kombinasi Bentuk telah ditujukan di berbagai bidang, seperti Automotif, Bangungan, Kemasan Produk, dan Logo Perusahaan.
Kekuatan dari Bentuk yang paling banyak diimplementasikan mungkin adalah sewaktu membuat Logo Perusahaan. Salah satu contoh dari kekuatan yang dihasilkan dari penggabungan Bentuk adalah Logo dari FedEx.
Gambar diatas menunjukan logo dari FedEx. Perhatikan bentuk yang terbentuk oleh ruang antar 'E' dan 'x' adalah sebuah tanda panah ke arah kanan. Kebanyakan dari kita tidak akan menyadari akan adanya tanda panah tersebut, tapi ini bukanlah sebuah kebetulan. Sekarang kita lihat bentuk yang membentuk tanda panah itu, yaitu sebuah persegi dan sebuah segitiga, yang berarti : Keamanan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar