Minggu, 17 Desember 2017

Logika Method dan Class pada Python

LISTING 



   

LOGIKA PROGRAM
Saya akan membuat program dengan menggunakan fungsi class pada python.

Disini saya membuat Class “rumus” menggunakan perintah class rumus: yang digunakan untuk menjadi sebuah sub-program pada coding saya , karena kelas bisa memuat beberapa sub-program lagi hingga jika terjadi kesalahan akan lebih mudah dalam penangannya . setelah itu didalam class rumus ada beberapa fungsi yang akan di masukan kedalamnya menjadi sub-program dari class rumus , salah satunya adalah fungsi “menu” di buat dengan perintah def menu(self): yang digunakan untuk mendefinisikan (def) fungsi menu .


Dalam fungsi menu saya membuat sebuah percabangan dimana bila memilih angka 1-4 maka akan masuk kesalah satu fungsi yang telah di sediakan , seperti jika kita memilih angka 1 maka kita akan masuk ke fungsi “lingkaran” yang nanti akan di jelaskan dibawah dengan menggunakan perintah bangun.lingkaran()

Disini saya menyediakan beberapa fungsi seperti fungsi “lingkaran” , fungsi “persegi” , fungsi “persegi panjang” dan fungsi “balok” . di masing-masing fungsi ada perintah proses yang berbeda-beda yang nantinya akan di panggil saat kita memilih pada menu , yang nantinya akan di munculkan pada program sesuai dengan perintah dan perhitungan di masing-masing blok fungsi , seperti contohnya pada blok fungsi lingkaran yang nanti akan di panggil adalah perintah untuk melakukan input jari-jari yang akan digunakan untuk menghitung luas lingkaran.
Jika kita perhatikan di dalam tanda kurung () pada setiap fungsi ada argument self , argument self ini berfungsi untuk mengambil sebuah instance atau biasanya digunakan untuk memanggil method/fungsi lain . tapi disini saya hanya menggunakannya untuk argument.

Selanjutnya adalah fungsi ulang yang digunakan untuk sebagai pertanyaan apakah kita ingin kembali lagi ke menu dan mengulang dari awal. Di sana saya menggunakan percabangan jika di input “y” maka akan mengulang kembali ke menu , sedangkan jika memilih “n” maka akan keluar dari program.

Terakhir adalah pendeklarasian konstruktor “bangun” pada class rumus() yang akan digunakan untuk memanggil setiap fungsi yang ada pada class rumus.


OUTPUT




Tidak ada komentar:

Posting Komentar