Minggu, 17 Desember 2017

Logika Perulangan Pada Ruby

LISTING


LOGIKA PROGRAM
Program kali ini saya membuat sebuah perulangan menggunakan bahasa ruby , di ruby ada beberapa perintah perulangan seperti for , while dan times.

Disini saya akan membuat sebuah perulangan yang akan membentuk jam pasir dengan menggunakan segitiga dan segitiga terbalik . Pertama adalah melakukan input dengan menggunakan perintah ‘gets.to_i’ yang akan melakukap input berupa Integer.

Pertama adalah membuat segitiga terbalik , perulangan diatas yang digunakan untuk membuat segitiga terbalik . Dalam perulangan tersebut teradapat 3 buah perulangan for yang setiap perulangannya memiliki fungsi , masing-masing . Pertama adalah for dengan variable ‘a’ di mana di situ merupakan for yang digunakan untuk membuat perulangan tinggi dari segitiga yang akan kita buat , dengan perintah for a in (1..tinggi) do yang dapat terlihat jelas kalau perulangan yang dilakukan adalah sebanyak variable ‘tinggi’ yang kita input.
Selanjutnya adalah perulangan for dengan variable ‘b’ yang digunakan untuk menbuat segitiga siku , dengan perintah for c in(1..a) do maka perulangan tersebut akan mencetak ‘ ’ spasi dengan batas sebanyak variable ‘a’
Selanjutnya adalah perulangan for dengan variable ‘c’ adalah perulangan untuk mencetak ‘*’ yang memunculkan segitiga terbalik . dengan perintah for c in(a..tinggi) do maka akan mencetak ‘*’ bintang sebanyak variable ‘a’ dengan batas ‘tinggi’ di mana nanti saat variable ‘a’ semakin besar dan mendekati variable ‘tinggi’ maka jumlah ‘*’ bintang yang tercetak akan semakin sedikit.

Untuk membuat segitiga biasa agar bisa terlihat seperti jam pasir maka , kita hanya perlu membuat sebuah perulangan lagi sama seperti untuk membuat segitiga terbalik hanya saja kita hanya perlu menukar for dengan variable ‘b’ dan variable ‘c’, dengan ‘c’ yang ada diawal dan mencetak ‘ ’ spasi dan variable ‘b’ yang mencetak ‘ *’ bintang maka yang akan muncul adalah segitiga biasa yang merupakan kebalikan dari perulangan for yang pertama.

Diantara dua perulangan tersebut kita membuat sebuah perulangan yang akan memunculkan sebuah garis dari ‘*’ bintang . Ini hanya untuk variasi saja .

OUTPUT PROGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar