Rabu, 20 Desember 2017

Program Determinan dengan Java

LISTING
   


LOGIKA PROGRAM

Pada program ini saya akan membuat sebuah program tentang determinan , pada program ini saya menggunakan beberapa penggunaan beberapa fungsi pada java seperti utility dan io . Diawal saya menggunakan IOException agar saat terjadi kesalahan input tidak akan muncul error melainkan langsung berhenti menggunakan perintah throws IOException {.

Selanjutnya adalah membuat menu dimana kita bisa memilih akan melakukan prosedur determinan 2x2 atau 3x3 . Disini saya menggunakan Switch case menggunakan sebuah variable pilih yang di input dengan perintah char pilih = input.nextLine().charAt(0); yang berfungsi untuk melakukan input dalam tipe data char , selain itu fungsi perintah .charAt(0); adalah sebuah perintah untuk melakukan input hanya 1 karakter awal yang di input.

Berikutnya adalah melakukan input elemen-elemen dari matriks yang akan dihitung determinannya . kita menggunakan perulangan berasaran karena kita menggunakan array MatriksX agar bisa menjadi matriks yang berbentuk baris dan kolom . dengan perintah perulangan for di atas saat selesai melakukan 1 perulangan pada baris pertama untuk membuar kolomnya ( perulangan J ) baru perulangan I akan melakukan perulangan dan membuat baris kedua.

Untuk menampilkannya juga kita menggunakan perulangan for bersarang seperti saat kita melakukan inputnya elemen matriksnya . namun bedanya disana kita melakukan cetak anggota matriks yang sudah kita input dengan menggunakan perintah
 System.out.print(MatriksX[i][j]+"\t");

Untuk melakukan perhitungan determinan , kita menggunakan operasi aritmatika seperti rumus determinan (a*d)-(b*c) yang dibuat menjadi operasi pada program ini menjadi perintah dtrm=((MatriksX[0][0]*MatriksX[1][1])-(MatriksX[0][1]*MatriksX[1][0]));
Dimana MatriksX[0][0] sebagai ‘a’ karena matriks tersebut adalah matriks di baris pertama dan dikolom pertama seperti ‘a’ Di java Indeks array dimulai dari angka nol ‘0’ maka yang menjadi ‘a’ adalah MatriksX[0][0] .

Untuk matriks 3x3 untuk melakukan input dan menampilkan sama dengan matriks 2x2 karena menggunakan for bersarang yang mirip hanya saja kita melakukan perulangan sebanyak 3 kali hingga membuat 3 kolom dan 3 baris.

Hanya saja yang berbeda dari matriks 3x3 dengan matriks 2x2 adalah perhitngan aritmatikanya karena , kena menggunakan ordo 3x3 kita menggunakan cara sarus yang sebenarnya jika kita buat perhitungannya hampir sama dengan cara sebelumnya .
Selanjutnya adalah perintah catch (Execption e) yang merupakan buntut dari IOExecption yang jika kita melakukan input yang salah maka akan memunculkan statement yang sudah kita siapkan . 

OUTPUT
Matriks 2x2

Matriks 3x3




Tidak ada komentar:

Posting Komentar