Senin, 18 Desember 2017

Membuat Database di Ms.Access

Kali ini saya akan menggunakan program Ms.Access yang biasa digunakan untuk membuat sebuah database

Yang pertama dilakukan adalah membuat file database , saat membuka ms.access pilih blank database dan buat dengan menklik “create” pada bagian kanan, kita juga bisa memidahkan dimana kita menyimpannya dengan menggunakan lambang folder yang ada di sebelah editbar tempat mengetik nama file.

Setelah membuat file kita akan mulai table dan field yang akan kita isi dengan data yang nantinya akan kita masukan . dengan menklik kanan pada table , lalu pilih “Design View”

Lalu akan muncul pop-ups seperti diatas untuk menamai table yang kita buat . setelah kita beri nama klik OK
 


Berikutnya kita isi field yang dengan nama yang kita inginkan dan berikan tipe data apa yang akan di input kedalam Field tersebut seperti text untuk kata/kalimat , number untuk angka , currency untuk mata uang

 
Setelah selesai membuat field dan mengisinya kita akan mencoba membuat sebuah table dengan menghubungkan 2 buah table , sebelumnya buat dulu dua table dengan data yang berisi salah satu Fieldnya memiliki nama field yang sama agar bisa di sambungkan antara table tersebut.


Selanjutnya adalah membuat “query” yang berada di toolbar “create” lalu pilih “Query Design”


Setelah itu akan muncul Pop-ups seperti diatas lalu pilih kedua table yang akan di hubungkan lalu klik add

Setelah itu akan muncul seperti di atas jika tidak ada garis yang menghubungkan antara dua buah table tersebut maka kita cukup melakukan drag and drop dari nama field yang satu ke nama field yang lainnya .

Selanjutnya dibagian bawah kita akan memasukan field dari kedua table tersebut yang akan dimunculkan di table dari query yang kita buat.

Maka yang akan muncul dari field yang kita pilih akan seperti gambar diatas .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar