Senin, 18 Desember 2017

Program menghitung Invers dengan Java

LISTING PROGRAM
   











     

LOGIKA PROGRAM

Kali ini saya membuat program tentang fungsi invers , pertama diatas adalah coding untuk fungsi utama yang akan pertama kali di jalankan saat kita menjalankan program , dan di fungsi utama itu kita bisa memanggil fungsi-fungsi lain yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan dan disana saua memanggil sebuah fungsi dari mainmenu() yang merupakan sebuah menu utama.
 


Berikutnya di Fungsi main menu disini saya menggunakan percabangan switch-case yang didalam setiap dari case tersebut adalah sebuah perintah untuk memanggil fungsi-fungsi yang akan disajikan sesuai yang kita butuhkan.



Di atas adalah blok coding dari fungsi untuk melakukan input anggota himpunan, di sana kita menggunakan perulangan for agar kita bisa melakukan input sesuai dengan jumlah anggota yang kita butuhkan disana kita harus melakukan input pada anggota A dan anggota B, dan anggota himpunan itu akan menjadi data array yang akan di gunakan pada fungsi lainnya.

Di atas adalah blok koding dari fungsi yang akan digunakan untuk melakukan percetakan dari anggota himpunan yang sudah kita input tadi , di sana kita menggunakan perulangan for agar kita bisa mencetak setiap anggota himpunan satu persatu.

Di atas adalah blok coding dari fungsi untuk melakukan input relasi dari anggota himpunan yang sudah ada  dan dengan sebuah perulangan while bila jmlhrelasi lebih besar dari jmlhaRelasiMaks , hal itu dilakukan karena bila jumlah relasi yang kita masukan lebih dari relasi masksimal maka akan berulang hingga relasi yang diinput sesuai.


 
Di atas adalah coding perulangan dari inputnya , dimana yang kita input nanti akan masuk kedalam array “temp” dan “temp2” sebagai array sementara agar tidak tercampur dengan array “HimpunanA” dan “HimpunanB” yang menjadi array himpunan utama yang menampung data dari anggota himpunan yang kita input diawal.
Selanjutnya adalah pengecekan apakan relasi yang kita input sama dengan  perintah

for (int j= 0; j<=(jmlHimpunanA-1);j++){
if(temp[i]==HimpunanA[j]){
  SamaA=true;
}
}

Perintah itu di gunakan untuk mengubah variable “SamaA” dan “SamaB” yang kita tetapkan sebagai false dalam Boolean , dan disini kita ubah menjadi true agar bisa di gunakan untuk penanda bahwa anggota himpunan tersebut adalah yang ditunjuk sebagai relasi.
 


Diatas adalah blok coding untuk melakukan pengencekan apakah relasi yang kita input sebelumnya adalah fungsi atau Cuma relasi biasa , kondisinya adalah jika array pada “HimpunanA” semua anggotannya sama dengan “HimpunanAsal” yang sesuai dengan syarat dari fungsi bila semua anggota domain memiliki hubungan dengan anggota himpunan kodomain secara satu-satu , jika ada satu yang tidak terhubung atau terhubung dengan 2 atau lebih anggota kodomain maka relasi tersebut hanya relasi biasa .
jika fungsi tersebut adalah fungsi satu-satu maka akan membuat variable satu2 yang bertipe data Boolean menjadi true.

Blok Coding diatas adalah  adalah untuk melakukan cetak pada relasi, yang sudah kita input tadi , dan disana akan di munculkan range dari relasi yang sudah kita kita input .

Dan diatas adalah blok coding apa bila , variable satu2 menjadi bernilai true maka akan mencetak fungsi inversnya dimana fungsi domainnya menjadi kodomain dan kodomainnya menjadi fungsi domainnya , dan rangenya adalah range dari fungsi invers.

OUTPUT PROGRAM
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar