Senin, 18 Desember 2017

Program Relasi dengan Java

LISTING






LOGIKA
Kali ini saya membuat program tentang relasi pada himpunan .
Saya disini menggunakan perintah import static java.lang.System.out; untuk mempermudah melakukan pengetikan , agar tidak lagi perlu menuliskan” System” pada perintah “System.out”

Disini saya menggunakan Perintah “Console” untuk membuat sebuah konsol baru perintah ini bisa kita gunakan seperti menggunakan perintah “Scanner” yang nantinya akan membuat penulisan kita menjadi lebih pendek .

Coding diatas adalah koding untuk melakukan input dari anggota Himpunan yang nanti akan di proses oleh program kita , di sana juga ada contoh penggunaan dari “bacakey()”yang merupakan console yang berfungsi seperti Scanner . Karena pada awal tadi kita menyatakan kalau Konsole “bacakey()” adalah String jadi saat melakukan Input jadi kita harus merubahnya menjadi Integer dahulu sebelum melakukan input dalam tipe data Integer, sama seperti Scanner yang harus menggunakan “nextLine” untuk melakukan input string dan “nextInt” untuk melakukan input Integer.
Perintah yang digunakan adalah “Integer.parseInt(bacaKey());” di sini kita menunjukan kalau console “bacakey()” akan membaca input sebagai Integer. Sedangkan jika kita tidak merubahnya dahulu seperti perintah himpunanA[i]=bacaKey(); maka console “bacakey()”akan secara otomatis membaca sebagai String , karena pada awalnya kita menyatakan bahwa kalau Konsole “bacakey()” adalah String.

Coding di atas adalah coding untuk menentekan relasi dari anggota himpunan yang sudah kita buat. Disana kita membuat coding tentang jumlah relasi maksimal dan juga kita akan menentukan jumlah relasi yang akan terjadi .
 

Coding diatas adalah untuk menentukan relasi dari anggota A ke anggota B di sana ada perintah “SamaA=true” dan “SamaB=true” perintah tersebut adalah peritah yang nantinya akan menandai bahwa input tersebut adalah relasi dan akan di munculkan saat di Output.

Di sana ada perintah yang jika “SamaA” dan “SamaB” bernilai False maka akan muncul “Angota Himpunan Tidak terdapat di himpunan A atau B” itu karena saat input tidak memenuhi kondisi untuk menjadikan “SamaA” dan “SamaB” menjadi bernilai true.
Dan jika “SamaA” dan “SamaB” menjadi bernilai true maka nilai yang membuat hasil dari relasi di cetak nantinya.

Codingan inilah yang akan mencetak dari anggota himpunan A sebagai Domain dan Anggota himpunan B sebagai co-domain dan juga merupakan hasil relasi. 

OUTPUT PROGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar