Selasa, 12 Desember 2017

Pengenalan Bahasa Pemograman Python

LISTING



LOGIKA PROGRAM
Saya akan membuat sebuah program tentang kartu mahasiswa menggunakan bahasa pemograman python . Pada program ini saya akan membuat kartu mahasiswa dimana user bisa melakukan input nama , kelas , NPM dan nilai Uts dan UASnya .

Pertama pada bahasa python tidak seperti di java sintaks yang digunakan sangat singkat dan jelas . selain itu juga di python programmer tidak perlu menyatakan tipe data dari variable yang kita gunakan .

Digambar diatas saya melakukan input pada nama , npm , kelas menggunakan raw_input yang digunakan untuk melakukan input dalam bentuk tipe data string . lalu saya menggunakan perintah “input” untuk melakukan input dalam bentuk tipe data integer tapi saya menggunakan float(input(‘masukan Nilai UTS :’)) perintah input dengan tambahan “float” karena saya menginginkan nilai yang saya input dapat bertipe data decimal. Selanjutnya saya melakukan inisisalisasi variable “nilai” .

Selanjutnya saya menggunakan perintah “print” untuk mencetak dari kalimat yang saya ketikan , pada perintah print kita bisa menggunakan ( ‘ ) kutip satu atau ( “ ) kutip dua , tetapi ada beberapa sintaks yang saya gunakan pada python ver.2.xx akan menyebabkan error jika digunakan pada python ver.3.xx karena ada beberapa pengembangan pada sintaksnya.
Lanjut, penulisan pada print '| Nama\t: ', nama, '|'  kita harus menggunakan ( , ) koma untuk memisahkan antara variable dan kalimat yang di apit oleh tanda kutip.

OUTPUT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar