Senin, 18 Desember 2017

Program Menghitung Himpuan Menggunakan JAVA

LISTING 
 






LOGIKA
Kali ini saya akan membuat program tentang himpunan

Pada program ini saya menggunakan array himpunanA dan himpunanB untuk membuat anggota himpunan yang nanti akan ada di program kita.
Saya menggunakan beberapa fungsi/method untuk membuat beberapa bagian dari program ini , pertama adalah fungsi “dataAnggota” disini kita akan melakukan input anggota himpunan yang akan diproses di operasi himpunan nanti
Di Himpunan A menggunakan perulangan for untuk melakukan melakukan input dari anggota-anggota himpunan yang kita perlukan dengan dibatasi variable “jumlahAnggota” yang kita input pertama kali. Begitu juga pada Himpunan B memiliki coding yang sama dengan Himpunan A.

Selanjutnya adalah fungsi “tampilAnggota” di sini kita akan menampilkan anggota dari Anggota Himpunan yang sudah kita input sebelumnya tadi dengan menggunakan perulangan for maka perintah System.out.print(himpunanA[i]+"   "); akan berulang sesuai dengan jumlah anggota himpunan yang kita input.

Berikutnya adalah fungsi “himpunanGabungan” yang disini kita akan menggukan perulangan for dan variable Boolean “adaSama” di sini kita menyatakan bila “adaSama” sebagai penanda apa bila ada “himpunanB” dan “himpunanA” yang sama maka “adaSama” akan bernilai true jika “adaSama” bernilai true maka yang anggota himpunan sama tidak akan tercetak 2 kali dan hanya yang bernilai tidak sama (“adaSama” bernilai false) saja yang tercetak.

Berikutnya adalah “himpunanIrisan” di sini hampir sama dengan fungsi sebelumnya yaitu “himpunanGabungan” , namun di sini apa bila “adaSama” bernilai true maka anggota yang sama akan tercetak karena irisan adalah mencari anggota yang sama dari kedua himpunan tersebut maka jika ada anggota yang sama maka akan di cetak.

Berikutnya adalah fungsi “himpunanSelisih” di sini cara kerja programnya hampir sama dengan fungsi-fungsi sebelumnya hanya saja disini hanya akan mencetak anggota himpunan yang di selisihkan saja, karena selisih adalah anggota himpunanA yang bukan anggota himpunanB jadi kalau ada anggota yang sama maka tidak akan tercetak (“adaSama” bernilai true) . Sedangkan anggota himpunanA yang bukan anggota dari himpunanB saja yang akan dicetak (“adaSama bernilai false”)

Yang terakhir adalah fungsi/method utama dimana ia berfungsi untuk memanggil fungsi-fungsi yang sudah kita buat. Pertama dengan membuat perintah himpunan bilangan = new himpunan(); yang digunakan untuk membuat objek baru “bilangan” pada class himpunan .
 setelah itu objek “bilangan” digunakan untuk memanggil fungsi dengan perintah bilangan.”namafungsiyangingindipanggil”();


OUTPUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar