Sabtu, 23 Desember 2017

Property pada sebuah Gambar


Saat membuat design web berbagai macam elemen harus kita sinergikan agar menjadi website yang bagus dan menarik untuk dikunjungi oleh user , salah satu elemen yang sangat berpengaruh adalah  grafis . 

Grafis adalah salah satu bagian penting dalam sebuah halaman web. Penampilan efek-efek grafi biasanya dilakukan dengan bantuan beberapa file gambar. Untuk lebih memahami pemanfaatan file-file gambar dalam desain sebuah halaman web, diperlukan pemahaman tentang property sebuah file gambar.
Berikut ini beberapa property sebuah file gambar
  • Ukuran panjang dan lebar (pixel)
  • Color Depth (bit)
  • Color Model
  • Resolusi (dpi)
  • Format penulisan

Color Depth (bit).
Jumlah warnabit
21
164
2568
32 768 atau 65 53616
16 777 21624 atau 32

Color Model
  • RGB = Red, Green, Blue
  • HLS = Hue, Lightness, Saturation
  • CMYK = Cyan, Magenta, Yellow, balcK

Format Penulisan
Format
Keterangan
BMP
Bitmap Image
Format grafis ini adalah format yang sangat fleksibel bila digunakan di lingkungan kerja dengan OS Windows, artinya dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini dapat menyimpan informasi grafis mulai dari 1 bit sampai 24 bit.
Salah satu kelemahan format ini adalah belum mendukung cross platform dan ukuran file yang sangat besar.
TIFF
Tagged Image File Format
Format ini mampu menyimpan informasi grafis hingga 32 bit dan dapat digunakan di beberapa platform OS yaitu PC (windows), Macintosh, Silicon Graphics. Format ini banyak digunakan oleh para perancang grafis terutama yang berorientasi pada proses cetak. Hampir semua program yang mampu membaca format BMP dapat membaca format TIFF ini.
JPG/JPEG
Joint Photographic Experts Group
Format ini mampu mengkompres obyek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilhan. Selain sering digunakan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan desain halaman web, multimedia dan elektornic publishing, format ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK dan Grayscale. Informasi yang dapat disimpan dapat lebh dari 8 bit.
GIF
Graphics Interchange Format
Format ini hanya dapat menyimpan gambar dalam 8 bit atau kurang, yaitu hanya untuk mode Grayscale, Bitmap dan Indexed Color. Format ini adalah format standar yang sering digunakan untuk internet dan electronic publihing. Format ini mampu menyimpan animasi dua dimensi. Kelebihan lainnya adalah mampu menampilkan gambar transparan dan ukuran file yang sangat kecil.
PNG
Portable Network Graphic
Format ini diciptakan sebagai alternatif pilihan selain format GIF. sama seperti format GIF, format ini mampu menampilkan background transparan dengan ukuran file yang juga kecil. Salah satu kelebihannya adalah informasi grafis yang dapat disimpan mencapai 24 bit. Kelemahannya adalah belum banyak didukung oleh web browser yang ada.

Trade-off Format File Grafis
ParameterBMPJPGGIFPNG
Ukuran>><<<<<<
Warna>256>256256>256
OSWindowsAllAllAll
DukunganWindows100%100%50:50
TransparanNoNoYesYes
AnimasiNoNoYes--


SUMBER : http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/graphics/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar