Minggu, 17 Desember 2017

Logika Operasi Array Pada Ruby

LISTING




LOGIKA PROGRAM
Kali ini saya akan membuat program yang menunjukan tentang operasi yang dapat di lakukan pada array di bahasa pemograman ruby .


Pertama saya menyiapkan sebuah array a , dengan anggota seperti yang ada di atas . array tersebut yang nantinya akan kita lakukan operasi array baik itu memasukan data kedalam array , menghapus data pada array atau yang lainnya.


Pertama adalah operasi untuk menambahkankan data pada awal array dimana nanti data yang kita input akan ditempatkan di awal barisan indeks array , bentuk umumnya menggunakan perintah unshift yang bentuk umumnya adalah namaarray.unshift(element1 , elemet2 , dst) . sebagai contoh saya memasukan element 20 dan 8 pada array a dengan perintah a.unshift(20,8) .

Selanjutnya adalah operasi untuk menambhkan data pada akhir array yang dimana data yang kita masukan akan berada di akhir barisan indeks array, operasi ini dilakukan menggunakan push dengan bentuk umum namaarray.push(element1 , element2 , dst). Dimana sebagai contoh saya memasukan element 11 dan 10 pada array a dengan perintah a.push(11,10).


Selanjutnya adalah kita akan memasukan element pada indeks yang lebih spesifik bukan hanya di depan atau di belakang , tapi di tengah dengan menentukan di indeks ke berapa kita akan memasukan data tersebut . hal ini di lakukan dengan perintah insert dengan bentuk umum namaarray.insert(element , Indeks ) .sebagai contoh saya akan memasukan element 2 di indeks ke 2 yang akan dilakukan dengan perintah a.insert(2,2).


Berikutnya adalah menghapus data pada array , kita bisa menggunakan perintah shift untuk menghapus data pada awal baris array dan menggunakan perintah pop untuk menghapus pada akhir baris array . perintah yang digunakan adalah menggunakan a.shift untuk perintah shift dan a.pop untuk perintah pop.


Selain menggunakan shift dan pop kita juga bisa menghapus data pada array menggunakan perintah delete_at yang digunakan untuk menghapus pada indeks spesifik yang kita inginkan . sebagai contoh saya akan menghapus indeks ke-3 sampai ke-5 saya menggunakan perintah a.delete_at(3) sebanyak 3 kali karena saat saya menghapus indeks ke-3 data yang berada di indeks ke-4 akan turun menggantikannya menjadi indeks ke-3 , jadi saat kita menghapus indeks ke-3 sebanyak 3 kali maka indeks ke-3 , ke-4 dan ke-5 akan terhapus secara berurutan.


Selanjutnya adalah membuat baris data array menjadi terbalik menggunakan perintah reverse jadi semua urutan baris indeks array yang di ‘reverse’ akan terbalik dari indeks yang berada di awal akan menjadi di akhir dan begitu juga sebaliknya .


Selanjutnya adalah untuk operasi untuk mengurut data yang ada pada array dari kecil ke besar menggunakan perintah sort , seperti fungsinya perintah sort akan mengurutkan semua data pada array yang di ‘sort’ menjadi dari kecil kebesar.


Selanjutnya saya akan mencetak data pada array secara satu persatu dengan menggunakan perulangan for dengan perintah for i in 0..a.length-1 dimana perulangan itu akan mengulang sebanyak jumlah dari indeks dari array a karena perintah length adalah perintah untuk menghitung jumlah indeks pada sebuah array.




OUTPUT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar